Liga Champions

Dortmund hancurkan Besiktas 5-0 meski tetap gagal ke 16 besar

Dortmund hancurkan Besiktas 5-0 meski tetap gagal ke 16 besar

Pemain Borussia Dortmund Erling Haaland melakukan selebrasi usai membuat gol pada laga Liga Champions melawan Besiktas di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, 7 Desember 2021. ANTARA/REUTERS/Wolfgang Rattay.

Jakarta (ANTARA) - Pemain Borussia Dortmund Marco Reus dan Erling Haaland masing-masing mencetak dua gol saat tim ini menang besar 5-0 atas Besiktas dalam pertandingan terakhir Grup C Liga Champions pada Rabu dini hari WIB.

Tim Bundesliga itu finis urutan ketiga dengan mengemas 9 poin yang sama dengan Sporting yang menduduki peringkat kedua, namun kalah selisih gol sehingga harus puas melenggang ke Liga Europa.

Kemenangan ini adalah juga kebangkitan yang manis setelah dalam pertandingan liga beberapa hari sebelumnya takluk kepada Bayern Muenchen.

Baca juga: Atletico Madrid akhirnya ke 16 besar Liga Champions
Baca juga: Liverpool akhiri perjalanan AC Milan di Liga Champions


Reus mencetak gol pertamanya dari tendangan penalti pada perpanjangan waktu babak pertama yang dia gandakan lewat upaya solo yang luar biasa. Sedangkan Haaland membuat dua gol dari sundulan setelah masuk sebagai pemain pengganti.

Ajax Amsterdam dan Sporting melaju ke 16 besar sementara Besiktas finis peringkat terakhir setelah kalah dalam semua dari enam pertandingan fase grupnya.

Tuan rumah yang kalah 3-2 melawan Bayern dalam liga domestik Sabtu pekan lalu, memimpin setelah aransemen Jude Bellingham yang memimpin lini tengah timnya mengirimkan umpan kepada pemain Belanda Donyell Malen yang memasukkan bola tanpa terhadang kiper Ersin Destanoglu ketika waktu nyaris menunjukkan setengah jam pertandingan.

Bellingham sebelumnya didenda sebesar 40.000 euro oleh Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) karena mengkritik wasit Felix Zwayer saat mereka kalah melawan Bayern itu.

Baca juga: DFB denda Jude Bellingham Rp647 juta karena komentari kinerja wasit

Dortmund yang membangku cadangkan Haaland menggandakan keunggulan dari tendangan penalti Reus setelah pemain Besiktas Welinton diusir keluar lapangan karena melanggar Mo Dahoud di dalam kotak penalti.

Kapten Dortmund itu kemudian membawa timnya unggul tiga gol setelah mengelabui tiga pemain lawan sebelum mengecoh Destanoglu dengan tembakan cerdas. Haaland kemudian membuat gol keempat Dortmund pada menit ke-68, lima menit setelah masuk sebagai pemain pengganti.

Pemain Norwegia itu menutup kemenangan timnya dengan sundulan jarak dekat lainnya pada menit ke-81, demikian laporan Reuters.

Baca juga: PSG tutup fase grup dengan kemenangan 4-1 atas Club Brugge
Baca juga: Real Madrid juara Grup D usai kalahkan Inter Milan 2-0

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar