Survei BI: Indeks Keyakinan Konsumen November meningkat

Survei BI: Indeks Keyakinan Konsumen November meningkat

Pengunjung memadati ruang pamer kendaraan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Minggu (21/11/2021). Pemerintah lewat Kementerian Perindustrian optimis penjualan mobil selama perhelatan GIIAS 2021 mampu mencapai diangka 20-25 ribu unit mobil. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/pras.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2021 sebesar 118,5, lebih tinggi dari 113,4 pada Oktober 2021
Jakarta (ANTARA) - Survei Konsumen Bank Indonesia pada November 2021mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat.

“Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2021 sebesar 118,5, lebih tinggi dari 113,4 pada Oktober 2021,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Erwin menyampaikan IKK November meningkat pada seluruh kategori pengeluaran dan kelompok usia responden. Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, tertinggi di Pontianak, diikuti oleh Palembang dan Mataram.

Penguatan keyakinan konsumen pada November 2021 didorong oleh perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, terutama persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan saat ini.

“Peningkatan tersebut sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat didorong meningkatnya mobilitas seiring berlanjutnya pelonggaran pembatasan mobilitas,” ujar Erwin.

Baca juga: BI: Cadangan devisa November 2021 naik jadi 145,9 miliar dolar

Lebih lanjut ia menyampaikan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang juga membaik, ditopang kenaikan pada seluruh indeks pembentuknya.

Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) November 2021 tercatat sebesar 137,8 meningkat dari Oktober 134,9 yang didorong oleh kenaikan seluruh komponen penyusunan IEK, terutama ekspektasi terhadap kegiatan usaha yang tercatat sebesar 140,7 lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya 134,7.

Sementara itu Indeks Ekspektasi Penghasilan dan indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja pada 6 bulan ke depan masing-masing tercatat sebesar 137,9 dan 134,9.

Secara spasial IEK November 2021 tercatat meningkat di mayoritas kota yang disurvei dengan kenaikan tertinggi di Pontianak, diikuti oleh Padang dan Bandar Lampung.

Baca juga: Nataru, BI umumkan layanan setor tarik berakhir 27 Desember 2021

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sandi Uno sebut Malang layak digelari kota aplikasi dan game

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar