Presiden tanam pohon di area bekas pertambangan emas Kalimantan Barat

Presiden tanam pohon di area bekas pertambangan emas Kalimantan Barat

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (dua kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kanan) dan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (kanan) menanam pohon di lokasi bekas tambang emas di daerah Kedabang, Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021). ANTARA/Teofilusianto Timotius/aa.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bersama masyarakat melakukan penanaman pohon di area bekas pertambangan emas di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu.

"Pada hari ini saya datang berkunjung ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, dalam rangka penanaman pohon untuk pemulihan lingkungan di bekas-bekas pertambangan yang ada di Kalimantan Barat," ujar dia, dalam keterangannya seusai penanaman pohon bersama masyarakat, sebagaimana disaksikan secara virtual di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Presiden Jokowi: Tepi sungai Kapuas dan Melawi perlu ditanami pohon

Jokowi yang juga sarjana kehutanan itu mengatakan, area yang dikunjunginya merupakan bekas pertambangan emas pada dasawarsa 1990-an. Di sana dia dan masyarakat menanam berbagai jenis pohon, baik buah-buahan maupun spesies lain.

Ia berharap penanaman serupa bisa dilakukan di area bekas pertambangan di daerah lain, agar pemulihan lingkungan utamanya di daerah tangkapan hujan, yang ada di daerah aliran sungai, baik di Sungai Kapuas, Sungai Melawi, yang rusak akibat pertambangan bisa pulih kembali.

Baca juga: Presiden Jokowi beli jaket bermotif khas Dayak Sintang

"Daerah tangkapan hujan yang di daerah aliran sungai baik Kapuas, Melawi, di hulu banyak rusak karena hal-hal berkaitan dengan pertambangan dan juga kerusakan hutan karena perkebunan. Saya harap ini akan dimulai juga di tempat lain sehingga perbaikan lingkungan bekas tambang betul-betul bisa dikerjakan dengan baik," ujarnya.

Ia juga menyampaikan pemerintah akan membangun persemaian di wilayah Kapuas dalam rangka penanaman kembali rehabilitasi hutan yang rusak.

Baca juga: Presiden Jokowi tanam pohon bersama masyarakat NTB
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Indonesia perjuangkan penguatan sistem kesehatan dunia di G20

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar