Liga Champions

Ditahan imbang Zenit 3-3, Chelsea finish peringkat dua Grup H

Ditahan imbang Zenit 3-3, Chelsea finish peringkat dua Grup H

Selebrasi pemain Zenit setelah berhasil mencetak gol ketiga dalam pertandingan Grup H Liga Champions lawan Chelsea pada 9 Desember 2021. ANTARA/REUTERS/ANTON VAGANOV

Jakarta (ANTARA) - Pesta enam gol tersaji saat Chelsea ditahan imbang 3-3 oleh Zenit Saint-Petersburg dalam laga terakhir Grup H Liga Champions di Gazprom Arena, Rusia pada Kamis dini hari WIB, demikian catatan laman resmi UEFA.

Timo Werner mencetak dua gol untuk Chelsea dan satu gol lainnya untuk The Blues disumbangkan oleh Romelu Lukaku, sedangkan tiga gol Zenit masing-masing dicetak oleh Claudinho, Sardar Azmoun dan Magomed Ozdoyev.

Hasil itu membuat Chelsea harus finish di urutan kedua Grup H dengan 13 poin, tertinggal dua poin dari Juventus yang menang tipis atas Malmo di pertandingan lainnya. Sementara itu Zenit duduk di peringkat ketiga dan akan turun ke Liga Europa.

Baca juga: Tuchel pastikan lima pemainnya absen ketika Chelsea hadapi Zenit

Chelsea tidak buang-buang waktu, mereka langsung mencetak gol saat pertandingan baru berjalan satu menit lewat tendangan Timo Werner dari jarak dekat setelah menerima bola sepak pojok Andreas Christensen.

Gol cepat tersebut semakin membuat pemain Chelsea bersemangat hingga pada menit ke-8, mereka kembali mengancam gawang Zenit. Berawal dari sepak pojok Ross Barkley, bola ditendang Saul Niguez di tengah kotak penalti, tetapi masih melebar ke kiri gawang.

Zenit mencoba membalas pada menit ke-13 ketika Claudinho mengirimkan umpan ke Wilmar Barrios, yang kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Sayangnya, bola masih bisa diblok oleh pemain Chelsea.

Baca juga: Donny van de Beek dan Dean Henderson akan diturunkan hadapi Young Boys

Usaha Zenit baru membuahkan hasil pada menit ke-37 setelah Claudinho menerima umpan silang Douglas Santos untuk mencetak gol melalui sundulannya dari jarak dekat yang tidak bisa dihentikan Kepa Arrizabalaga.

Setelah menyamakan kedudukan, Zenit tak memerlukan waktu lama untuk berbalik unggul pada menit ke-41.

Malcom mengirim umpan terobosan akurat ke sisi kanan kotak penalti, yang kemudian diterima Sardar Azmoun sebelum melepaskan tendangan untuk membobol gawang The Blues.

Baca juga: Pique ingin Barcelona bermain praktis saat hadapi Bayern Muenchen

Selepas jeda, Zenit tetap menekan sang juara bertahan hingga pada menit ke-51, Malcom menebar ancaman melalui tendangannya dari sisi kanan kotak penalti meskipun bola dari eks gelandang Barcelona tersebut masih bisa diamankan Kepa.

The Blues membalas serangan Zenit dengan tiga peluang beruntun dari menit ke-52 sampai ke-54 melalui percobaan Ross Barkley, Recee James dan Saul Niguez. Sayang, ketiga percobaan tersebut gagal membuahkan gol penyeimbang bagi tim asuhan Thomas Tuchel tersebut.

Chelsea menyamakan kedudukan dengan gol keduanya pada menit ke-61 berkat sepakan kaki kiri Romelu Lukaku di depan gawang, yang mendapatkan assist dari Timo Werner.

Setelah gol tersebut, Zenit beberapa kali mencoba untuk kembali unggul. Namun, percobaan mereka gagal memberikan ancaman berarti ke gawang Chelsea.

Baca juga: Guardiola puas dengan perkembangan Man City di grup Liga Champions

Terlalu fokus menyerang, Zenit justru kebobolan gol ketiga pada menit ke-84 ketika Timo Werner menyelesaikan umpan Christian Pulisic dari jarak dekat untuk membalikkan keunggulan menjadi 3-2.

Kemudian tuan rumah menyamakan kedudukan di masa injury time berkat tendangan keras Magomed Ozdoev dari luar kotak penalti yang mengoyak pojok kiri atas gawang Kepa.

Susunan Pemain:

Zenit (4-1-4-1): Mikhail Kerzhakov; Vyacheslav Karavaev, Dejan Lovren, Yaroslav Rakitskiy (Danil Krugovoy 65')z, Douglas Santos; Wilmar Barrios; Malcom (Magomed Ozdoev 79'), Daler Kuzyaev (Aleksandr Yerokhin 79'), Wendel (Andrey Mostovoy 51'), Claudinho; Sardar Azmoun (Artem Dzyuba 79').

Chelsea (3-4-1-2): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Malang Sarr; Reece James, Ross Barkley (Hakim Ziyech 65'), Saul Niguez (Marcos Alonso 75'), Callum Hudson-Odoi (Christian Pulisic 65'); Mason Mount, Romelu Lukaku (Kai Havertz 75'), Timo Werner.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pedayung Chelsea sumbang emas pertama maluku

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar