Kendari (ANTARA) - PT PLN (persero) Wilayah Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan gerak cepat dengan memulihkan gangguan sistem kelistrikan yang sempat  padam total selama 40 menit , akibat gangguan transmisi ruas Malili (Sulawesi Selatan) ke Lasusua Kolaka Utara (Sultra).

"Alhamdulillah, dalam waktu 40 menit, sebagian sub sistem kelistrikan Kendari sudah menyala kembali," ungkap General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid dalam rilis yang diterima, di Kendari, Minggu.

Ia mengatakan, PLN bergerak cepat melakukan pemulihan dan penormalan sistem kelistrikan secara bertahap. Sekitar pukul 12.04 Wita atau setengah jam pasca gangguan, PLN telah menormalkan sebagian sistem kelistrikan dengan beroperasinya kembali Gardu Induk Puuwatu dan Gardu Induk Kendari.

Tepat pukul 14.59 Wita PLN 100 persen pulihkan gangguan sistem Kelistrikan Kendari

Setelah terjadi gangguan di ruas transmisi Malili - Lasusua yang menyebabkan gangguan pasokan listrik di Kota Kendari dan sekitarnya.

Fokus PLN selanjutnya menormalkan seluruh gardu Induk yang ada di sistem Kelistrikan Kendari dengan melakukan investigasi gangguan di ruas transmisi Malili-Lasusua.

"Setelah sistem normal, saat ini fokus kami mencari penyebab utama gangguan di ruas transmisi Malili-Lasusua untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi PLN," tutup
Awaluddin.

PT PLN (Persero) UIW Sulslerabar memohon maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak gangguan pasokan listrik atau yang mengalami padam dan terimakasih atas dukungan dan kerjasama pelanggan selama ini kepada PLN.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021