Makassar (ANTARA News) - Pembayaran insentif Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga pada triwulan pertama 2011 terealisasi Rp1,3 miliar.

"Insentif yang telah kita bayarkan kepada seluruh RT dan RW di Makassar ini sekitar Rp1,3 miliar pada triwulan pertama atau mengalami kenaikan sekitar 50 persen dari tahun sebelumnya," ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Makassar Syahrir Sapaile di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, pemberian insentif untuk ketua RT dan RW itu untuk memaksimalkan pelayanan pemerintahan dan menyukseskan pelaksanaan pembangunan di tingkat bawah.

Pembayaran ini dilakukan per triwulan sebab pemerintah kota (pemkot) kesulitan jika harus membayar per bulannya. Kurang lebih 1.000 RW dan 5.000 RT harus diakomodir saat pembayarannya.

Untuk itu, pemkot memutuskan untuk membayarkan insentif mereka per triwulan melalui kantor kelurahan masing masing.

Menurutnya, untuk pembayaran berikutnya akan dilakukan pada akhir triwulan kedua atau sama dengan proses sebelumnya.

"Ditargetkan seluruh pembayaran ini tidak menyulitkan pemerintah dengan menggunakan sistem pembayaran per triwulan. Untuk insentif RT diberikan Rp75 ribu per bulan sementara RW Rp120 ribu per bulannya," katanya.

Anggota DPRD Makassar Raja Daeng Liwang menuturkan, hasil evaluasi legislatif mencatat proses pembayaran ini sudah terbilang cukup baik.

Hasil laporan BPM diketahui tidak ada protes terkait keterlambatan jika terjadi maka kesalahan pendistribusian terjadi ditingkat kelurahan.  (MH/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011