Jakarta (ANTARA) - Organisasi Riset Tenaga Nuklir pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan ke depan fasilitas nuklir akan terpusat di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

"Ke depan kami akan membangun fasilitas nuklir secara terpusat di Puspiptek Serpong, baik itu yang berbasis reaktor maupun yang berbasis akselerator," kata Pelaksana Tugas Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir Agus Sumaryanto dalam Webinar Riset BRIN berseri di Jakarta, Selasa.

Agus menuturkan dengan pembangunan, revitalisasi dan peningkatan infrastruktur riset, maka diharapkan nantinya Indonesia akan setara dengan negara maju dalam empat atau tahun lima tahun mendatang

"Mudah-mudahan ini bisa terlaksana dengan baik," ujarnya.

Agus menuturkan saat ini pihaknya sedang berkomunikasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional agar mendapatkan anggaran sehingga bisa membangun, meningkatkan serta merevitalisasi fasilitas yang ada di Tanah Air.

Ia mengatakan supaya bisa memiliki fasilitas riset yang dapat digunakan semua pihak atau berbasis platform global, maka harus menyiapkan revitalisasi infrastruktur riset dengan standar keamanan dan keselamatan serta teknologi terkini.

Selain merevitalisasi, membangun dan meningkatkan kapasitas dan kualitas infrastruktur riset nuklir, yang penting juga adalah meningkatkan pembangunan kapasitas sumber daya manusia di bidang teknologi nuklir.

"Harapannya kompetensi sumber daya manusia kita sebanding atau mungkin lebih tinggi di tingkat regional," tutur Agus.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021