Beliau juga pernah mengajar di Institut Teknologi Bandung
Bandung (ANTARA) - Kedutaan Besar Polandia meluncurkan sebuah buku komik berbahasa Indonesia yang menceritakan kisah hidup dari Profesor Jozef Zwierzycki, seorang geolog yang telah berkarya di Nusantara dalam dekade pertama abad 20 dan berkontribusi dalam pembuatan peta geologi pertama di Kepulauan Indonesia.

"Alasan kami membuat biografi Profesor Jozep Zwierzcyki dalam bentuk buku komik adalah supaya lebih mudah dipahami oleh generasi muda saat ini," kata Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska, seusai acara peluncuran terbatas buku komik tersebut di Institut Teknologi Bandung, Rabu.

Beata menuturkan tahun 2021 merupakan momentum Peringatan 60 Tahun wafatnya Profesor Jozef Zwierzycki namun biografinya masih belum banyak dikenal, khususnya di Indonesia.

"Maka dari itu, Kedutaan Besar Republik Polandia di Jakarta memutuskan untuk menerbitkan sebuah buku komik dalam Bahasa Indonesia yang menceritakan kisah hidup yang luar biasa seorang ilmuwan, dengan judul 'Jozef Zwierzcyki. Ahli Geologi Kepulauan Indonesia dan Negeri Polandia'," kata dia.

Buku komik ini akan diluncurkan pada Desember 2021.

Baca juga: Mengenal lebih dalam dimensi budaya dan wisata Polandia lewat buku

Baca juga: Polandia, negara tujuan pertama penerima beasiswa NTB


Kedutaan Besar Republik Polandia di Indonesia juga berencana untuk mengadakan acara peluncuran buku di Bandung yakni kota yang sangat penting bagi Professor Zwierzycki.

"Beliau juga pernah mengajar di Institut Teknologi Bandung," kata dia.

Beata percaya bahwa biografi Profesor Zwierzycki menjadi satu alasan untuk peningkatan kerjasama universitas dan politeknik Polandia dengan ITB yang sudah sangat terkenal, juga dengan beberapa perguruan tinggi lainnya.

"Saya sangat menyadari bagaimana pentingnya sejarah bagi masyarakat Polandia dan Indonesia," kata dia.

"Saya menjadi Duta Besar Polandia di Indonesia selama empat tahun. Saya melihat beberapa kesamaan antara semangat, dinamika, dan kemandirian dari masyarakat kita," lanjut dia.

Pihaknya juga percaya bahwa para generasi muda saat ini membutuhkan inspirasi dan motiviasi, sebagaimana yang dibutuhkan oleh para generasi sebelumnya.

"Saya meyakini bahwa Profesor Zwierzycki merupakan sosok yang dapat menginspirasi dan memotivasi para anak muda untuk bekerja lebih giat dalam pendidikan mereka," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, biografi Professor Zwierzycki membuktikan bagaimana pentingnya keingintahuan, keterbukaan dan juga keberanian.

Cerita Profesor Zwierzycki dapat juga dipandang bagaimana kekuatan kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, dan kepercayaan serta patriotisme.

"Dewasa ini, nilai-nilai tersebut sangatlah penting. Saya dengan bangga mempersembahkan kisah hidup beliau kepada masyarakat Indonesia," kata di

Baca juga: Kedubes: Mahasiswa Indonesia di Polandia bertambah pesat

Baca juga: Polandia puji keberhasilan Indonesia turunkan kasus COVID-19

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021