Karawang (ANTARA News) - Arus balik libur panjang dalam rangka cuti bersama Hari Raya Waisak di jalur Pantura Subang-Karawang dari arah Cirebon menuju Cikampek, Selasa siang sampai sore, ramai lancar.

"Sejak siang sampai sore, arus lalu lintas di jalur Pantura Subang-Karawang lancar. Tidak terjadi kepadatan kendaraan seperti pada hari-hari sebelumnya saat mulai libur panjang," kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP Fillol Praja Arthadira, kepada ANTARA, di Karawang, Selasa.

Dikatakannya, kondisi arus lalu lintas yang lancar itu bukan karena dialihkan di Subang, melalui jalur tengah, yakni Subang-Kalijati-Sadang dan masuk gerbang Tol Sadang menuju Jakarta dan sekitarnya.

Tetapi, kata dia, lancarnya arus lalu lintas pada arus balik libur panjang tersebut diakibatkan berkurangnya volume kendaraan yang melintasi jalur Pantura, tidak seperti yang terjadi pada hari-hari menjelang libur panjang lalu.

"Sejak Sabtu (14/5) sampai Selasa sore ini tidak ada pengalihan arus ke jalur tengah. Semuanya mengalir saja, karena kemacetan selama libur panjang itu tidak semata-semata tingginya volume kendaraan, tetapi juga akibat adanya perbaikan jalan dan jembatan," katanya.

Pantauan ANTARA pada Selasa siang sampai sore, kendaraan dari arah Cirebon menuju Cikampek atau sebaliknya tidak terjebak macet di sejumlah titik menjelang proyek perbaikan jalan dan jembatan di jalur Pantura Jatisari, Karawang sampai Gamon atau jalur Pantura perbatasan Karawang-Subang.

Kendaraan-kendaraan itu hanya antre menjelang proyek perbaikan jalan dan jembatan, untuk memasuki jalur arah Cikampek menuju Cirebon. Sebab, petugas memberlakukan jalur tersebut untuk digunakan dua lajur dari arah Cikampek menuju Cirebon dan sebaliknya.

Antrean kendaraan tersebut tidak sampai 1 kilometer. Sedangkan memasuki libur panjang cuti bersama Hari Raya Waisak pada beberapa hari lalu, antrean diperkirakan mencapai lebih dari 4 kilometer, hingga mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang.

"Dari pantauan kami, arus balik liburan sejak Selasa pagi sampai sore cukup lancar. Diperkirakan, kepadatan kendaraan di jalur Pantura Karawang akan terjadi pada Selasa malam," kata Kasatlantas.(*)
(T.KR-MAK/Z003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011