Wamena (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua menjadwalkan pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada 27 Desember mendatang.

Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen ketika dihubungi di Wamena, Kamis, mengatakan tahapan persiapan pemilihan sedang berjalan dan tidak ada kendala.

"Pleno tertutup 27 Desember nanti, dalam penetapan pasangan calon dalam pelaksanaan PSU di Kabupaten Yalimo 26 Januari mendatang," katanya.

Sementara KPU mendampingi bakal calon Bupati Yalimo Nahor Nekwek untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Kota Jayapura.

"Kami juga bentuk tim untuk turun langsung mengecek keabsahan surat-surat dari bakal calon, seperti tempat menyelesaikan pendidikan di Wamena (Kabupaten Jayawijaya), kuliah di mana. Hasilnya akan disampaikan dalam pleno," katanya.

Sementara untuk Jhon Wilil yang merupakan pasangan bakal calon wakil bupati dari Nahor Nekwek tidak mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan karena pernah diverifikasi saat pencalonannya pada PSU sebelumnya.

Pada PSU kesekian kalinya ini tercatat dua bakal calon yang sedang menuju persiapan pemilu di sana.

Dua pasangan itu adalah Nahor Nekwek dan Jhon Wilil serta pasangan Lakius Peyon dan Nahum Mabel. Lakius dan Namun juga tidak mengikuti pemeriksaan kesehatan sebab pernah terdaftar sebagai peserta pemilu tahun lalu.

Baca juga: Babak baru pilkada ulang di Yalimo
Baca juga: Minim pendaftar, KPU perpanjang pendaftaran bakal calon Bupati Yalimo

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021