Siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru ini berlangsung selama 19 hari mulai dari 17 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022 dengan menyiagakan 83 personel
Yogyakarta (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta, melaksanakan Siaga SAR khusus libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan berkunjung ke destinasi wisata provinsi ini.

"Siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru ini berlangsung selama 19 hari mulai dari 17 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022 dengan menyiagakan 83 personel," kata Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta L Wahyu Efendi dalam taklimat media yang diterima di Yogyakarta saat Apel Pelepasan Petugas Siaga SAR Khusus Nataru di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, Siaga SAR tersebut dalam rangka kesiapsiagaan Basarnas untuk mendukung kegiatan pengaturan dan pengendalian transportasi selama periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam masa pandemi COVID-19.

"Siaga SAR Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 bertujuan agar terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal," katanya.

Dia mengatakan dalam kegiatan kesiapsiagaan SAR tersebut, pihaknya akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari Basarnas.

Namun, kata dia, petugas juga jangan lengah, tupoksi Basarnas tidak hanya terbatas pada Siaga SAR Khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, tapi juga masih banyak potensi terjadi kecelakaan dan bencana yang membutuhkan perhatian.

"Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh petugas siaga SAR, yaitu agar menjaga sikap yang sopan dan santun baik dalam berkoordinasi dengan intansi terkait maupun dalam melaksanakan misi penyelamatan di lapangan," katanya.

Dia mengatakan untuk pelaksanaan Siaga SAR Nataru, personel akan dibagi menjadi empat tim, tim pertama personel akan melaksanakan patroli mobil ke arah perbatasan Jawa Tengah - DIY, dan ke Bandara Adisutjipto, serta patroli ke kawasan lereng Gunung Merapi.

Kemudian tim kedua akan melaksanakan patroli mobil dan siaga di wilayah wisata pantai di daerah Kabupaten Bantul seperti Pantai Parangtritis, Pantai Samas hingga Pantai Baru.

Tim ketiga akan melaksanakan patroli mobile di Pantai Wediombo, Pantai Indrayanti dan Pantai Baron, dan untuk tim keempat oleh personel Unit Siaga Basarnas Congot Kulon Progo melaksanakan patroli mobile di sepanjang jalan Wates-Purworejo hingga ke perbatasan Jateng-DIY.

"Kemudian Tim Unit Siaga Congot akan berpatroli dan koordinasi di Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) serta melaksanakan patroli mobile di wisata Pantai Kulon Progo seperti Pantai Glagah, Pantai Congot hingga ke Pantai Trisik," demikian L Wahyu Efendi.

Baca juga: Petugas Basarnas Yogyakarta berpatroli di pantai-pantai tempat wisata

Baca juga: Yogyakarta tunggu aturan resmi kebijakan PPKM Level 3 Nataru

Baca juga: Gunung Merapi luncurkan awan panas guguran sejauh 2.000 meter ke barat

Baca juga: Yogyakarta usulkan one gate system bus wisata diterapkan saat Nataru

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021