Semarang (ANTARA) - Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Semarang mencatatkan penerimaan negara di sepanjang 2021 mencapai Rp9,585 triliun.

"Hingga 16 Desember 2021 tercatat realisasi penerimaan sudah mencapai 100,36 persen dari target yang ditetapkan pada tahun ini," kata Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Semarang Anton Martin dalam siaran pers di Semarang, Jumat.

Menurut dia, dari penerimaan sebesar itu, Rp8,1 triliun di antaranya berasal dari Pajak Dalam Rangka Impor, Rp1,387 triliun dari bea masuk, dan Rp96 miliar sisanya dari bea keluar.

Menurut dia, tahun 2021 merupakan kebangkitan reformasi dan perbaikan di semua sektor di tengah pandemi COVID-19.

Ia menuturkan tantangan dalam menjalankan tugas di tengah penurunan penerimaan negara akibat pandemi terjadi di 2020.

Ia mengatakan, 2021 tidak hanya kebangkitan dari COVId-19, namun juga perjuangan pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai inovasi dan regulasi.

Berbagai terobosan, kata dia, sudah dilakukan, mulai dari "single submission" dan pemeriksaan bersama Bea Cukai dengan Karantina, optimalisasi pengiriman pesanan secara daring, surat penyerahan peti kemas secara daring, sistem pintu otomatis di tempay penimbunan, hingga sistem penagihan dan pembayaran saru pintu.

"Platform logistik terpadu terintegrasi dengan semua pihak terkait diharapkan mampu mengurangi mata rantai logistik dan menghilangkan duplikasi repetisi yang memakan waktu," katanya.

Di internal Bea Cukai Tanjung Emas, kata dia, telah dibangun sistem pengawasan dan pelayanaan melalui reformasi manajemen mutu yang berkualitas serta kebijakan anti penyuapan dengan dukungan komitmen manajemen.

"Harapannya, sistem ini dapat meningkatkan kepuasan para pengguna layanan, mewujudkan perbaikan sisten yang terus menerus serta mencapai target selanjutnya, yakni Wilayah Bebas dari Korupsi menuju Wilayah birokrasi Bersih Melayani.


Baca juga: Bea Cukai Jatim cegah kerugian negara Rp4,89 miliar dari rokok ilegal
Baca juga: Penerimaan bea cukai Tanjungpinang hingga November capai Rp266 miliar
Baca juga: Realisasi penerimaan di Bea Cukai Jateng-DIY Rp20,11 triliun
Baca juga: Realisasi penerimaan bea cukai capai Rp165,46 triliun



Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021