Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) tetap menargetkan menembus semifinal kejuaraan dunia beregu campuran Piala Sudirman di China 22-29 Mei mendatang meski beberapa pemain senior mengundurkan diri.

"Kalau dihitung dan dilihat dari kemampuan tim Indonesia, lolos ke semifinal adalah target yang realistis. Mudah-mudahan ini menjadi momentum juga bagi pemain muda untuk membuktikan kemampuan mereka di event internasional," kata Ketua Umum PB PBSI Djoko Santoso disela penutupan Liga Bulu Tangkis Antar Wartawan Piala TETRA Pak VII di Komplek Kemenpora Jakarta, Kamis.

Persiapan tim Piala Sudirman Indonesia mendapat pukulan menyusul mundurnya pemain senior yang sebenarnya sangat diandalkan meraih angka, yaitu tunggal putra Taufik Hidayat, absennya ganda putra dan juara juara Olimpiade 2008 Beijing Markis Kido/Hendra Setiawan, serta terakhir pemain spesialis ganda Liliyana Natsir yang mengalami cedera siku kanan.

Indonesia yang diunggulkan di urutan ketiga setelah China dan Denmark, berada di Grup B dan akan bersaing dengan Malaysia dan Rusia.

"Melihat kondisi saat ini, kekuatan Indonesia berimbang dengan Malaysia dan kita berharap para pemain muda bisa menunjukkan kemampuan mereka," kata Djoko yang didampingi Sekjen PBSI Yacob Rusdianto.

Sementara itu Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Hadi Nasri sebelumnya mengakui bahwa absennya Liliyana, merupakan pukulan berat bagi tim Indonesia.

Lilliyana bersama Tontowi Ahmad baru saja meraih gelar juara di India Super Series dan Malaysia Grand Prix Gold, yang membuat peringkat mereka naik dari urutan 15 ke posisi empat dunia.

"Ini pukulan berat untuk tim. Tetapi `the show must go on`, kita berangkat dengan jumlah tim yang ada. Ini cobaan yang publik harus terima dengan lapang dada. Kalah menang urusan belakangan. Perjuangannya yang paling penting," kata Hadi yang juga akan bertugas sebagai manajer tim.

Absennya Liliyana dan Taufik membuat tim Indonesia yang semula berjumlah 18 pemain menjadi tinggal 16 yakni, Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka, Adriyanti Firdasari, Lindaweni Fanetri, Alvent Yulianto, Hendra Aprida Gunawan, Mohammad Ahsan, Bona Septano, Greysia Polii, Meiliana Jauhari, Anneke Feinya Agustine, Nitya Krishinda, Fran Kurniawan, Tontowi Ahmad, Pia Zebadiah dan Debby Susanto.

Tim Indonesia bertolak menuju Qingdao, China, Kamis pagi, dan akan menjalani pertandingan pertama melawan Rusia pada Minggu (22/5) dan bertemu Malaysia pada babak grup, Rabu (25/5). Dua tim terbaik pada setiap grup maju ke babak berikutnya.(*)
(T.a032/F005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011