Jakarta (ANTARA) - Satu jenis asam humat biologis dengan kemurnian tinggi dan aktivitas tinggi, yang diekstraksi dari limbah pertanian dan kehutanan, telah dijadikan industri dan digunakan untuk restorasi tanah di China.

Sejumlah besar limbah pertanian dan kehutanan dibakar di udara terbuka karena kurangnya upaya pemanfaatan bernilai tinggi dalam skala besar, yang mengakibatkan pencemaran lingkungan dan pemborosan sumber daya. 

Sedangkan asam humat adalah bahan ramah lingkungan dan efektif yang diakui secara internasional untuk merestorasi tanah yang sangat dibutuhkan.

Industrialisasi pirolisis cepat asam humat secara stabil melayani pemanfaatan bernilai tinggi dan dalam jumlah besar dari limbah pertanian dan kehutanan sejak 2012, kata Tian Yuanyu, profesor di Fakultas Teknik Kimia Universitas Perminyakan China, seperti dikutip Science and Technology Daily.

Asam humat dikenal sebagai sumber kehidupan untuk pembangunan berkelanjutan lingkungan ekologi tanah, yang dapat mendorong pertumbuhan mikroorganisme di dalam tanah dan meningkatkan hasil panen.

Berdasarkan asam humat tersebut, tim peneliti yang dipimpin oleh Tian telah mengembangkan agen remediasi tanah yang terkontaminasi logam berat, kondisioner tanah salin-alkali, dan lapisan mulsa asam humat yang dapat terdegradasi.

Produk-produk asam humat itu dilaporkan berhasil memulihkan sekitar 666.667 hektare tanah di seluruh wilayah negara itu dalam tiga tahun terakhir.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021