Harapan saya ini jadi hub untuk creative hub (wadah kreativitas) berikutnya, karena di Solo itu sudah banyak banget
Solo (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Hetero Space yang ada di Solo untuk mendorong kreativitas anak muda agar mampu menjadi startup di bidang usaha.

"Harapan saya ini jadi hub untuk creative hub (wadah kreativitas) berikutnya, karena di Solo itu sudah banyak banget. Mas Gibran (Wali Kota Surakarta) sudah buat banyak, nah sekarang Hetero Space yang ada di sini kami harapkan bisa menambah nuansa itu," kata Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo usai meresmikan Hetero Space yang ada di Solo, Minggu.

Ganjar Pranowo meminta agar kalangan muda memanfaatkan keberadaan Hetero Space untuk mengembangkan kreativitas mereka.

"Kalau bahasanya Mas Gibran tadi wajib (dimanfaatkan) karena banyak anak kreatif yang ada di Solo ini bisa membuat tendangan-tendangan yang luar biasa, nah tugas saya, tugas Mas Gibran memfasilitasi. Sudah kami lakukan maka tinggal memanfaatkan," kata Ganjar Pranowo.

Baca juga: Solo segera miliki "hetero space" untuk kolaborasi pelaku UMKM

Menurut dia, Hetero Space juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana bertukar pikiran, berdiskusi, dan berkolaborasi.

"Termasuk mencoba mencari akses permodalan, termasuk pendampingan-pendampingan yang kami siapkan dari pemerintah. Harapannya muncul enterpreneur baru, yang muda-muda, jadi startup-nya bisa tumbuh," kata Ganjar Pranowo.

Terkait permodalan, saat ini ada program kredit dari Bank Jateng, yakni kredit startup millennial dengan bunga 7 persen/tahun dan berhak atas cashback 5 persen.

"Jadi bunganya hanya 2 persen/tahun dan plafon Rp25 juta, wis gek ndang utang (segera berutang)," kata Ganjar Pranowo.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berharap dengan adanya berbagai fasilitas dari pemerintah, UMKM di Solo bisa naik kelas.

"Sudah kami kasih ruang kolaborasi seperti tadi ya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, apalagi akses permodalan sudah lengkap," katanya.

Baca juga: Ganjar ingin bangun "Hetero Space" di Banyumas tumbuhkan industri

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021