London (ANTARA News/AFP) - Birmingham City mengumumkan bahwa Alex McLeish akan tetap sebagai pelatih kendati ia gagal mempertahankan klub itu dari ancaman degradasi kompetisi Liga Utama Inggris, Minggu.

Turunnya Tim Biru itu ke kompetisi divisi di bawahnya terjadi setelah mereka kalah 1-2 atas Tottenham di White Hart Lane pada pertandingan terakhir kompetisi musim ini.

Birmingham bergabung dengan West Ham United dan Blackpool yang terdegradasi ke jenjang kompetisi pada level di bawah kompetisi liga utama, yang biasa disebut kompetisi "Championship", pada musim mendatang.

Penjabat Ketua Birmingham Peter Pannu mengatakan dalam laman resmi klub bahwa posisi McLeish "aman".

Tetapi dewan pengurus klub meminta pelatih dari Skotlandia itu membawa tim mereka kembali ke jenjang kompetisi Liga Utama Inggris pada musim mendatang.

Birmingham akan tampil pada kompetisi Liga Eropa musim mendatang setelah mereka memenangi kompetisi Piala Liga tiga bulan lalu.

"Dewan pengurus klub akan menganalisis apa yang salah terhadap tim ini sedangkan Carson Yeung berjanji akan menyuntik dana klub senilai 40 juta dolar--bukan 80 juta dolar seperti yang diberitakan media massa," kata Pannu.

"Dewan akan mendiskusikan dan mengejawentahkan prosedur yang benar untuk menanggulangi apa yang dianggap tidak benar selama ini, dalam usaha membawa klub ini kembali naik ke kompetisi liga utama," katanya, demikian AFP melaporkan. (A008/A011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011