Banjir di badan jalan itu berdampak sulitnya akses transportasi dari Bangka Tengah menuju Kabupaten Bangka Selatan
Bangka Tengah, Babel (ANTARA) - Sebanyak 37 unit rumah warga di Kelurahan Berok Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Bangka Belitung terendam banjir karena tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir.

"Terdata ada 37 rumah terendam banjir, kita sudah lihat kondisinya sekaligus menyerahkan bantuan bahan kebutuhan pokok," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Bangka Tengah, Jumat.

Menurut Bupati, sebagian rumah penduduk di Kelurahan Berok selalu terendam banjir saat hujan turun dengan intensitas tinggi karena sungai yang melintas di pemukiman penduduk meluap.

Baca juga: Jalan provinsi di Kabupaten Bangka Tengah terendam banjir

"Sungai meluap selain disebabkan hujan cukup deras, juga disertai laut pasang sehingga air merendam sebagian rumah warga di dataran rendah," ujarnya.

Bupati mengimbau warga yang tinggal di titik rawan banjir untuk lebih waspada mengingat curah hujan tinggi dalam satu minggu ini.

"Ketinggian air merendam rumah warga memang tidak terlalu tinggi, tetap tetap saja warga tidak bisa beraktivitas di rumah sampai air surut," ujarnya.

Baca juga: Mensos kunjungi korban rob di Desa Batu Belubang Bangka Tengah

Bupati juga mengatakan banjir menggenangi ruas jalan provinsi di Desa Nibung yang menghubungkan Kabupaten Bangka Tengah dengan Bangka Selatan.

"Banjir di badan jalan itu berdampak sulitnya akses transportasi dari Bangka Tengah menuju Kabupaten Bangka Selatan," katanya.

Baca juga: Banjir rob hantam badan jalan di Bangka Tengah

Kendaraan yang melintas terganggu, bahkan roda dua harus dievakuasi menggunakan truk.

"Banjir terjadi karena pengaruh pasang surut dimana Sungai Nibung tidak mampu menampung debit air sehingga meluap ke jalan," kata Bupati.

Baca juga: PLN Babel dukung penanaman pohon di Tahura Bukit Mangkol

Pewarta: Ahmadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021