Jakarta (ANTARA News) - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar uang spot antarbank Jakarta Jumat pagi menguat empat poin ke posisi Rp8.526 per dolar AS dibanding posisi hari sebelumnya yang senilai Rp8.530.

"Peringatan Moodys terhadap kemungkinan penurunan peringkat utang AS membuat mata uang dolar AS melemah, termasuk terhadap mata uang Asia," kata analis valas Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih dalam kajiannya di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan, Moodys mengancam akan menurunkan peringkat utang AS jika tidak ada kemajuan dalam pembatasan utang.

"Pemerintah AS masih akan menunggu keputusan kongres mengenai batasan utang (debt limit) yang akan diumumkan pada 2 Agustus," papar dia.

Ia mengatakan, posisi utang pemerintah AS saat ini mencapai 14,3 triliun dolar AS, dianggap membahayakan anggaran AS jika tidak diimbangi dengan pemangkasan anggaran.

Ia menambahkan, ancaman serupa juga telah disampaikan oleh S&P pada April lalu untuk menurunkan peringkat dari posisi sekarang di AAA (triple A).

"Pasar AS merespon negatif, imbal hasil T-bond 10YR naik menjadi 3,03 persen, Dow indeks turun, dan dolar AS melemah terhadap euro. Imbas negatif ini diperkirakan akan mempengaruhi pasar Asia hari ini," kata dia.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011