Nantinya, Jalan Tol di Provinsi Kalimantan Barat yang terhubung dari Pontianak ke Pelabuhan Kijing diharapkan dapat menjadi rencana pengembangan wilayah Kawasan Industri, mengakomodir distribusi komoditas, dan mengakomodir lalu lintas kendaraan priba
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan rencana pembangunan Jalan Tol Pontianak-Pelabuhan Kijing dapat mendukung konektivitas di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

"Nantinya, Jalan Tol di Provinsi Kalimantan Barat yang terhubung dari Pontianak ke Pelabuhan Kijing diharapkan dapat menjadi rencana pengembangan wilayah Kawasan Industri, mengakomodir distribusi komoditas, dan mengakomodir lalu lintas kendaraan pribadi," menurut keterangan resmi BPJT di Jakarta, Kamis.

Rencananya akan dibangun jalan tol kedua di Pulau Kalimantan yakni di Kalimantan Barat yang menghubungkan dari wilayah Pontianak ke Pelabuhan Kijing.

Beberapa waktu lalu Kepala BPJT Danang Parikesit melakukan kunjungan kerja meninjau rencana pembangunan Jalan Tol Pontianak - Pelabuhan Kijing.

Komoditas utama di Provinsi Kalimantan Barat yakni kelapa sawit dan pertambangan dengan produksi terbanyaknya adalah bauksit.

Sementara itu Jalan Tol ini akan dihubungkan dengan pengembangan Pelabuhan Kijing yang merupakan salah satu dari tiga Proyek Pengembangan Di Kalimantan Barat.

Pelabuhan ini berlokasi di Kijing, daerah diantara Singkawang dan Mempawah dengan Potensi komoditas yang akan melewati pelabuhan yaitu Kelapa Sawit, Bauksit, Karet, Kayu, dan consumer goods.

Berdasarkan pra studi Kelayakan Jalan Tol di Provinsi Kalimantan Barat yang disusun oleh Direktorat Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga, ruas Pontianak - Kijing diusulkan untuk dilanjutkan hingga Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas dengan pembangunan secara bertahap mulai tahap pertama yaitu ruas Pontianak-Mempawah, tahap kedua yaitu Mempawah-Kijing-Singkawang dan tahap terakhir yaitu ruas Singkawang-Sambas.

Nantinya dengan penambahan panjang ruas hingga Kota Singkawang, diharapkan dapat mengakomodir lalu lintas kendaraan terutama kendaraan berat yang menuju kawasan perindustrian, perkebunan, peternakan, dan pertambangan di Kota Singkawang.

Selain itu di Kota Singkawang terdapat Kawasan Pariwisata Pasir Panjang yang termasuk dalam kawasan strategis pariwisata di wilayah tersebut.

Baca juga: Apindo: Jalan Tol Pontianak-Singkawang berdampak pada kemajuan daerah

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan jalan tol pertama di Kalimantan

Baca juga: Jalan tol Kalsel-Kaltim juga segera dibangun

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021