Kami yang ada di provinsi tertimur ini dari ras milanesia sedikit berbeda dengan saudara-saudara kami di Indonesia bagian Tengah, dan Barat, dari ras melayu, untuk itu persatuan dan kesatuan harus dipelihara dan dipupuk terus melalui berbagai media.
Sentani, 18/6 (ANTARA) - Bupati Jayapura, Provinsi Papua, Habel Melkias Suwae,S.Sos.MM, mengatakan pesta budaya Festival Danau Sentani (FDS) adalah sebagai wadah perekat persatuan dan kesatuan suku bangsa.

"Festival ini adalah salah satu sarana atau media untuk membangun kebersamaan sesama suku bangsa yang ada di Papua ini pada umumnya dan Kabupaten Jayapura pada khususnya," kata Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae,S.Sos.MM, di Sentani, Sabtu.

Ia menjelaskan, pada FDS juga diberikan ruang kepada seluruh paguyuban yang ada di provinsi tertimur Indonesia ini untuk menampilkan budaya tradisional mereka.

Dikatakan, pesta budaya masyarakat Papua yang dimulai sejak 2008 ini diberi nama Festival Danau Sentani, namun diikuti semua masyarakat se-nusantara.

Dengan keterlibatan semua paguyuban dalam pelaksanaan FDS seluruh warga seantero negeri ini yang ada di Papua saling mempelajari, saling mengetahui, serta saling memahami perbedaan.

Diakui Habel Melkias Suwae, saling mempelajari dan memahami perbedaan adalah sangat penting karena dari situlah tumbuh kebersamaan sehingga persatuan dan kesatuan tetap terpelihara dalam satu persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami yang ada di provinsi tertimur ini dari ras milanesia sedikit berbeda dengan saudara-saudara kami di Indonesia bagian Tengah, dan Barat, dari ras melayu, untuk itu persatuan dan kesatuan harus dipelihara dan dipupuk terus melalui berbagai media," terang bupati yang terkenal dengan bapak pemberdayaan ini.

Sehingga, anggapan bahwa yang mendiami tanah ini bukan hanya orang Papua tetapi juga ada saudara-saudara dari luar telah ikut bersama-sama menyukseskan pembangunan di provinsi tertimur Indonesi ini.

Festival danau Sentani telah menjadi kalender tahunan parawisata di Papua, yang diselenggarakan selama lima hari setiap tanggal 19-23 Juni, di Kawasan Wisata Khalkote, Distrik Sentani Timur.

Untuk pelaksanaan Festival Danau Sentani ke-4 tinggal dua hari lagi, memasuki H-2 persiapan terus dilakukan oleh panitia termasuk melakukan kerja bakti di kawasan wisata Khalkote, pengecekan stand-stand, dan persiapan dari masing-masing kordinator kegiatan.

Begitupula bagi kabupaten/kota yang siap untuk memeriahkan pesta budaya tahunan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Jayapura ini telah berada di Sentani, seperti dari Kabupaten Waropen.

Hari ini Sabtu (18/6) diadakan pawai Nusantara mewarnai FDS yang dimulai pada pukul 10.00 WIT dengan titik star dari Kantor Bupati Jayapura di Gunung Merah Sentani finis di lapangan PTC Entrop, Kota Jayapura.

Pawai ini akan diikuti oleh semua paguyuban yang ada di Kabupaten/Kota Jayapura.


 (KR-HLM) (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011