Solo (ANTARA News) - Ribuan masyarakat dari berbagai daerah antusias mengunjungi acara pembukaan Kreatif Anak Sekolah Solo (Kreasso) 2011 di kawasan Ngarsapura Solo, Minggu malam, dengan tema "Merajut Pelajar Nusantara".

Wali Kota Surakarta Joko Widodo secara simbolis dengan pemukulan lonceng tertanda dibukanya acara Kreasso 2011 yang akan berlangsung selama tiga hari, mulai Minggu malam ini hingga Selasa (21/6).

Menurut Joko Widodo, Kreasso memiliki konsep untuk menunjukkan prestasi para siswa di Solo kepada masyarakat.

Namun, pihaknya berharap acara Kreasso ke depan tidak hanya sekolah dari Indonesia saja, tetapi mereka yang ikut memeriahkan dari dari luar negeri.

Sementara acara pembukaan Kreasso dimeriahkan tarian penghijauan dari siswa SD Muhamadiyah 1 dan sebelumnya SMKN 2 Wonogiri menampilkan reog, sedangkan SLB A YAAT Klaten menampilkan band yang kreatif membuat penonton terpesona.

Heni yang mengaku siswa asal Jakarta bersama orang tuanya khusus hadir ke Solo dalam rangka liburan sekolah dan ingin melihat Kreasso.

"Ternyata, acara Kreasso memang meriah, mereka menampilkan karya-karya yang kreatif dalam bentuk seni dan teknologi," katanya.

Ayu Indira, siswa SMP Negeri 15 Solo mengaku, acara Kreasso ini sangat pas dengan masa liburan anak sekolah. Sehingga, mereka dapat menikmati suguhan-suguhan seni budaya yang ditampilkan para siswa dari SD, SMP hingga SMA.

"Saya tidak perlu menikmati liburan ke luar kota yang perlu biaya banyak. Namun, Kota Solo dengan Kreasso ini sangat penarik untuk liburan bulan ini," kata Ayu yang baru naik ke kelas delapan.

Ketua panitia Kreasso 2011, Fajar Nur Hidayat, sebanyak belasan ribu siswa dari 26 sekolah dari sejumlah kota dan Kabupaten ikut meramaikan Kreasso 2011.

Menurut dia, Kreasso tahun ini tidak semua sekolah yang mendaftarkan diterima, karena mereka melalui seleksi yang ketat. Sekolah yang mengajukan diri dalam performing art, harus menyerahkan file yang berisikan contohnya.

"Mereka dengan durasi minimal 15 menit dan peserta minimal 15 orang," katanya.

Menurut dia, ada tiga sekolah Nusantara juga akan memeriahkan Kreasso ini, yaitu SMAN 8 Bandung dengan parade angklung, SMKN 1 Kasihan Yogyakarta dengan karawitan, dan SMAK St Louis 2 Surabaya dengan teater bahasa Inggris.

Sekolah keresidenan Surakarta di antaranya, SD Kratonan yang menampilkan gamelan jawa atau karawitan, SMPN 1 Jumantono karawitan, SMKN 2 Wonogiri menampilkan reog, SLB A YAAT Klaten menampilkan band, TK dan SD Al Azhar Solo Baru dengan angklung dan musik etnik serta SDN Taraman 3 Sragen tari kuda.  (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011