Sehingga berita-berita yang kemarin itu viral, sirkuitnya banjir, kita antisipasi
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto menyatakan, drainase di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika akan ditambah dalam rangka antisipasi genangan air di dalam sirkuit maupun banjir di kawasan.

"Sehingga berita-berita yang kemarin itu viral, sirkuitnya banjir, kita antisipasi," kata Hadi dalam keterangan tertulisnya di Praya, Kamis.

Kondisi dan kelayakan sirkuit jadi salah satu fokus pembenahan yang dikebut dalam waktu dekat. Langkah ini diambil setelah mengevaluasi pelaksanaan World Super Bike (WSBK) pada 19--21 November 2021 lalu di lokasi yang sama, sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.

"Pengerjaannya dibagi ke dalam tiga sistem tier," katanya.

Tier 1 adalah paddock area, kemudian tier 2 adalah lintasan sirkuit, dan terakhir tier 3 adalah area penonton.

"Penambahan drainase pun dilakukan, baik di bagian dalam maupun bagian luar sirkuit," katanya.

Bagian drainase di luar sirkuit diungkap Hadi telah selesai proses pengerjaan, termasuk membenahi Lagoon atau danau di pinggir laut.

"Lagoon akan kita kasih pompa air yang kecepatannya sekian kubik, sehingga jangan sampai terlambat, jangan sampai sudah menggenang dulu baru disedot," katanya.

Hal lain yang juga tak luput dari perhatian Hadi untuk diselesaikan adalah sarana pendukung di luar sirkuit, yaitu jalan penghubung menuju sirkuit, mulai dari bandara di Bypass sampai ke Mandalika, termasuk akses depan arena.

"Langkah ini dilakukan untuk menjamin kelancaran lalu lalang pihak yang berkepentingan di area-area tersebut," katanya.

Baca juga: Jokowi tinjau infrastruktur MotoGP 2022 di Mandalika Lombok
Baca juga: Pemerintah terus benahi infrastruktur sekitar sirkuit Mandalika
Baca juga: Jaket bertema G20 Indonesia milik Jokowi dibuat cuma semata wayang

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022