Seperti Kampung Bukisi, distrik Yokari yang menawarkan keindahan pantainya, dan dapat ditempuh dengan jalan darat ataupun laut, kurang lebih 80 Km dari Kota Sentani. Selain itu, ada pantai Harleem, pantai Tablanusu, Pantai Tarfia, Pantai Amai, tugu Y
Sentani, Papua (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura memamerkan sejumlah foto objek wisata yang ada didaerah tersebut pada pelaksanaan FDS ke-4.

Dari pantauan ANTARA Jayapura di pantai wisata Khalkote, Sentani, Kamis, sejumlah keindahan alam baik keindahan pantai, air terjun, sungai, danau, situs, ataupun tugu peninggalan tentara Jepang dan Sekutu ikut dipajang di dalam stand dinas tersebut.

Amelia Ondi, salah seorang staf dinas Budpar yang ikut menjaga stand tersebut mengatakan, dalam pelaksanaan FDS ke-4 kali ini pihaknya hanya memamerkan sejumlah foto berbagai tempat wisata dan hasil kerajinan tangan yang dihasilkan oleh masyarakat "kenambai umbai."

"Guna mempromosikan objek wisata dan hasil kerajinan tangan yang bernilai budaya, dinas kami sementara ini memamerkan sejumlah foto-foto tersebut," katanya.

Selain, sejumlah foto-foto yang dipamerkan ada juga kelengkapan pendukung lainnya berupa buklet dan selebaran informasi tentang keindahan panorama alam.

Di dalam buklet atau selebaran informasi tersebut, diisi sejumlah gambar objek wisata beserta dengan keterangan berbahasa Inggris dan Indonesia.

"Kami juga menyediakan selebaran informasi objek wisata yang ada di Jayapura," katanya.

Sementara itu, Daud Seba rekan kerjanya mengatakan jumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Jayapura sekitar 20 lebih yang telah terdata, yang bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua atapun roda empat atau juga bisa menggunakan perahu motor/motor jonson.

"Ada sekitar 20 lebih objek wisata yang dapat dikunjungi oleh para turis.Seperti Kampung Bukisi, distrik Yokari yang menawarkan keindahan pantainya, dan dapat ditempuh dengan jalan darat ataupun laut, kurang lebih 80 Km dari Kota Sentani. Selain itu, ada pantai Harleem, pantai Tablanusu, Pantai Tarfia, Pantai Amai, tugu Yawa Datun, tugu Mc Arthur, Tugu Pendaratan Tentara Jepang, dan air terjun di Demta," katanya.

Pelaksanaan FDS ke-4, diikuti oleh 19 distrik dan sejumlah kampung/kelurahan yang ada di Kabupaten Jayapura dan sejumlah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat. Dengan 40 lebih stand yang memamerkan berbagai barang dan aneka informasi terkait wisata dan budaya serta souvenir atapun aneka kerajinan tangan.

Festival Danau Sentani yang digaungkan sejak 2008 lalu, telah menjadi agenda wisata nasional yang diadakan tiap tahun pada 19-23 Juni.Untuk tahun ini, FDS ke-4 mengusung tema "Love Peace And Harmony" atau "Cinta Kasih, Damai dan Rukun".

Dan pada hari ini, merupakan hari kelima atau terakhirnya pelaksanaan FDS ke-4 yang berjarak tiga kilometer dari pusat Kota dan Bandara Udara Sentani. Dan rencananya pada hari ini akan ditutup secara resmi oleh Habel Melkias Suwae Bupati Kabupaten Jayapura.

(PSO-185)









Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011