counter

Pelajar Darul Hikam Bandung Ikut Festival Tari Rakyat di Italia

Pelajar Darul Hikam Bandung Ikut Festival Tari Rakyat di Italia

Ilustrasi - Bermain angklung (FOTO ANTARA/R. REKOTOMO)

Senang bisa menampilkan budaya Indonesia kepada masyarakat Eropa karena mereka begitu perhatian terhadap folk cultural.
London (ANTARA News) -Para pelajar siswa SMP dan SMA Darul Hikam Internasional School (DHIS) Bandung yang berlokasi di Lembang mengikuti festival "Mare Adriatico Folk Dance" yang diselenggarakan di Lido De Jesolo, Italia dari tanggal 19 hingga 24 Juni.

Pimpinan rombongan misi muhibah DHIS ke berbagai negara di Eropa, Ruri Indra Ramadani kepada ANTARA London, Jumat menyebutkan setiap mereka tampil selalu mendapat sambutan yang meriah.

"Senang bisa menampilkan budaya Indonesia kepada masyarakat Eropa karena mereka begitu perhatian terhadap folk cultural," ujar Ruri Indra Ramadani.

Ruri Indra Ramadani mengatakan sambutan penonton sangat hangat terutama ketika para siswa membawakan tarian Saman dari Aceh dan musik angklung. Bahkan sudah ada tiga negara yang menawarkan untuk mengikuti festival serupa tahun depan seperti Italia, Spanyol dan Turki.

Menurut Ruri Indra Ramadani, para siswa merasa suasana yang sangat positif terhadap sambutan penonton.

"Mereka sangat menikmati ketika berinteraksi dengan peserta dari negara lainnya seperti dari Spanyol, Italia dan Rusia, Bulgaria, Rumania, Slowakia, Serbia, Ukraina, Georgia dan Turki," ujarnya.

Secara terpisah salah seorang orang tua murid , Bunda Yoely mengatakan bahwa putrinya Laras sangat senang bisa mengikuti misi budaya. Apalagi sambutan masyarakat yang sangat besar dan setiap tampil banyak penonton yang berjubel, ujar Laras yang langsung mengirimkan pesan ke bundanya di tanah air.

Dalam misi ini siswa siswi membawakan tari Saman dari Aceh, Tari Kawit dari Sunda, Tari Kembang Jangger Legong Lasem dari Bali, Tari Dayak dari Kalimantan Barat dan Tari Kicir kicir dari Betawi. Selain itu juga menampilkan angklung dan rampak gendang, ujarnya.

Para pelajar yang mengikuti misi muhibah ke berbagai negara ini terdiri atas siswa siswi DHIS dari kelas 1 dan tiga SMP dan kelas 1 dan dua SMA sebanyak 27 orang didampingi tiga guru dan kepala sekolah sehingga total seluruh jumlah rombongan sebanyak 31 orang .

Selain mengikuti festival Mare Adriatico Folk Dance Festival, para siswa DHIS juga akan mengikuti International Theater School (ITS) Festival yang diadakan di Theater Frascat 2, NES 63 Amsterdam dari 29 Juni sampai 1 Juli.

"Selama di Belanda, kami juga akan mengadakan pagelaran di KBRI Denhaag pada tanggal 28 Juni," ujarnya.

Selain kegiatan festival DHIS juga merancang kegiatan ke kampus di Eindhoven pada tanggal 3 Juli untuk menambah wawasan para siswa dan mengadakan silaturahim dengan PPI Belanda pada tanggal 5 Juli .

Di sela-sela program festival, guna menambah wawasan para siswa DHIS, juga diadakan program berkunjung ke berbagai negara seperti Venezia , Milan, Paris dan Belgia, demikian Ruri Indra Ramadani.

(ZG)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Festival yang mengukuhkan dari mana cendol berasal

Komentar