Magelang (ANTARA News) - Aktor Hollywood Richard Gere batal naik gajah untuk berkeliling di beberapa desa wisata sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin.

Direktur PT Tawan Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratuboko, Purnomo Siswoprasetjo mengatakan, Richard Gere batal berkeliling naik gajah karena merasa kurang nyaman dengan banyaknya orang dan media massa.

"Rencana naik gajah dibatalkan karena Richard Gere merasa kurang nyaman dengan banyaknya orang dan pers, padahal dia di sini ingin berlibur untuk bersantai," katanya.

Pada Senin pagi Richard Gere melakukan meditasi di Candi Borobudur. Dia datang di komplek candi sekitar pukul 04.30 WIB, langsung naik ke atas puncak atau stupa utama Candi Borobudur untuk melihat-lihat pemandangan.

Setelah itu dilanjutkan pradaksina, yakni ritual berkeliling untuk menghormati candi. Usai melakukan pradaksina, Richard Gere melakukan doa bersama yang didampingi sejumlah bhiksu serta istri dan anaknya.

Usai berdoa, Richard Gere melakukan meditasi sebentar di depan stupa utama Candi Borobudur.

Rencananya Richard Gere menanam pohon bodhi di zona I pelataran Candi Borobudur. Rencana itu tidak jadi dilaksanakannya.

Purnomo mengatakan, rencana semula usai meditasi di Candi Borobudur, Richard Gere juga akan mengunjungi Candi Mendut dan Pawon, namun rencana itu juga batal.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011