Kupang (ANTARA News)- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT membuka kios 3 in 1 sebagai pusat data dan informasi untuk mengurangi pengangguran. 

Kepala UPT PTK Kupang, Paulus L Kedang, di Kupang, Senin, mengatakan kios itu dibuka sejak Februari lalu dan dibangun untuk menjadi pusat data dan informasi menyangkut ketenagakerjaan.

"Ketiga hal tersebut memiliki satu tujuan yakni untuk mengurangi pengangguran, meliputi program pelatihan, sertifikasi uji kompetensi dan peluang kerja," katanya tentang kios yang didirikan melalui Unit Pelaksana Tugas Pelatihan Tenaga Kerja Kupang.

Kios 3 in 1 itu, katanya, juga untuk meningkatkan dan mewujudkan sinergi, efisiensi, efektifitas, dan relevansi penyelenggaraan pelatihan. Juga untuk sertifikasi dan penempatan tenaga kerja sesuai keperluan pasar kerja.

Ia berharap kios itu memberi manfaat bagi pencari kerja, perusahaan dan pemerintah karena terhimpun data tenaga kerja yang pernah mengikuti latihan bersama jenis keahliannya.

Begitu juga peluang kerja atau perusahaan-perusahaan yang masih mebutuhkan tenaga kerja dengan beragam spesifikasi keahliannya.

Disamping itu juga tersedia informasi aktual yang mudah diakses tentang kegiatan pelatihan, sertifikasi uji kompetensi, dan penempatan tenaga kerja.

Sementara manfaat yang dapat diterima pihak pemerintah sebagai sumber informasi dan bahan masukan untuk merumuskan kebijakan.

"Saya berharap kehadiran kios 3 in 1 dapat dimanfaatkan oleh pihak pemerintah, pengusaha dan pencari kerja secara maksimal dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing pekerja. Dengan hasil akhir dapat mengurangi pengangguran di NTT," ujarnya.
(ANT.PSO-296)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011