Link-Kita ingin memberi motivasi kepada anak-anak bangsa di Indonesia untuk menjadi TKI yang sejahtera, bermartabat dan dihormati oleh bangsa lain.
Jakarta (ANTARA News) - "Link-Kita" dengan jaringan yang dimilikinya ingin berbagi pengalaman dan memberi motivasi kepada anak-anak bangsa di Indonesia untuk menjadi tenaga kerja di luar negeri yang sukses, kata Ketua Link-Kita, Heri Susyanto.

"Link-Kita punya jaringan mulai dari paramedik, karyawan pabrik hingga mahasiswa yang tinggal di luar negeri atau pernah tinggal di luar negeri dan terbukti sukses dalam tugas-tugasnya," kata Heri, yang bekerja sebagai profesional di Uni Emirat Arab (UAE), dalam surat elektroniknya yang diterima, di Jakarta, Senin.

Untuk itu, lanjutnya, Link-Kita ingin memberi motivasi kepada anak-anak bangsa di Indonesia untuk menjadi TKI yang sejahtera, bermartabat dan dihormati oleh bangsa lain.

Menurut dia, Link-Kita prihatin setelah melihat berbagai macam kasus yang menimpa para tenaga kerja wanita (TKW), sehingga membuat bangsa ini terpuruk pada titik yang paling rendah.

"Kita, bangsa Indonesia, bertambah lagi atributnya menjadi bangsa berkelas TKW. Kita malu, namun tidak bisa menghilangkannya. Pemerintah pun sudah berupaya, namun nampaknya masalah TKW adalah masalah besar yang membutuhkan jalan panjang untuk menyelesaikannya," ucapnya.

Selagi pemerintah menata dan menyelesaikan masalah TKW, Link-Kita, mencoba membantu upaya pemerintah di dalam usahanya mengangkat kembali nama baik bangsa di mata bangsa-bangsa lain, di mana banyak TKW mencari nafkah dan tinggal di sana.

Organisasi ini mendorong para profesional Indonesia untuk bekerja dan migrasi menjadi TKI professional, tutur Heri.

"Link-Kita mempergunakan format seminar dan juga lokakarya sebagai media berkampanye dalam upaya mendorong para professional untuk menjadi TKI di negeri orang," papar Heri.

Kampanye ini, kemudian, dikemas dengan thema "Ayo Go International Menjadi TKI Sejahtera dan Bermartabat".

Seminar dan lokakarya direncanakan untuk digemakan di beberapa kota besar di Indonesia. Pada tahun 2011 ini, Link-Kita merencanakan untuk mengadakan seminar dan lokakarya di Tangerang atau Karawang, daerah-daerah yang menjadi basis para profesional.

Seminar dan lokakarya sehari akan diselenggarakan di Tangerang pada Sabtu, 16 Juli 2011, dengan pembicara para profesional dan juga menghadirkan Duta Besar RI untuk UAE M. Wahid Supriyadi.

Di penghujung tahun 2011 selain seminar, Link-Kita juga merencanakan menerbitkan buku berjudul "Ayo Go International Menjadi TKI Sejahtera dan Bermartabat".

Link-Kita pernah mengadakan dua seminar dan lokakarya pada September 2010 dan Mei 2011 dengan minat dari peserta yang cukup tinggi.

(M016)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011