membudayakan dan melestarikan madu sebagai salah satu bahan pangan yang menyehatkan...
Mataram (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono dijadwalkan menghadiri Gebyar Madu yang diselenggarakan di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hartina, di Mataram, Jumat, mengatakan, Gebyar Madu itu sebenarnya merupakan kegiatan terpisah dari jadwal kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Boediono ke wilayah NTB.

"Awalnya tidak ada dalam jadwal kunjungan Pak Wapres, tapi setelah dikoordinasikan ternyata beliau berkenan menghadirinya karena saat itu masih berada di wilayah NTB," ujarnya.

Hartina mengatakan, Gebyar Madu itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pekan Madu Nasional yang akan dicanangkan oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, di Mataram, Selasa (12/7).

Pencanangan Pekan Madu Nasional itu dimaksudkan untuk membudayakan dan melestarikan madu sebagai salah satu bahan pangan yang menyehatkan, sekaligus lebih memperkenalkan produk madu Sumbawa sebagai salah satu sentra madu nasional dan internasional.

Selain itu, untuk memperkuat citra produk madu Sumbawa dan menumbuhkan kebanggaan masyarakat terhadap hasil produk dalam negeri, serta memperluas sentra produksi madu di daerah lain.

NTB juga merupakan salah satu daerah klaster pengembangan madu nasional dan hasil hutan bukan kayu lainnya, yang ditetapkan sejak 2009.

Versi Dinas Kehutanan Provinsi NTB, produksi madu di daerah itu selama 2010 mencapai 125 ribu ton setiap tahun, yang diproduksi Jaringan Madu Hutan Sumbawa (JMHS). Belum termasuk masu hasil budidaya di Pulau Lombok.

Hartina mengatakan, Wapres Boediono pada 11 Juli nanti akan membuka Konfrensi Hutan Internasional yang dihadiri berbagai negara yang memiliki hutan luas, yang dijadwalkan pukul 14.00 WITA, di Hotel Sentosa, kawasan wisata Senggigi.

"Malam harinya akan digelar Honey Bee Night sebagai bagian dari kegiatan Pekan Madu Nasional dan diagendakan Pak Wapres juga akan menghadiri malam Gebyar Madu itu," ujarnya.

Wapres Boediono beserta istri Herawati Boediono dijadwalkan tiba di Bandara Selaparang Mataram, pada Minggu (10/7) pukul 13.50 Wita, yang akan dijemput oleh Gubernur NTB,  Zainul Majdi, dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah NTB.

Selanjutnya, Wapres beserta rombongan menggunakan kendaraan menuju lokasi pembangunan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Tanak Awu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, guna meninjau dan memaparkan program pengembangan bandara internasional itu.

Keesokan harinya, Wapres dan rombongan akan meninjau lokasi wisata Mandalika, pantai selatan Pulau Lombok yang akan digarap menjadi kawasan wisata terpadu, menyerupai Nusa Dua, Bali.

Setelah itu, Wapres akan membuka Festival Internasional Pemuda dan Olahraga Bahari (FIPOB) VI yang dijadwalkan Senin (11/7) pukul 08.30 Wita, di Hotel Sentosa, kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

Setelah pembukaan FIPOB VI, Wapres akan membuka Konfrensi Hutan Internasional, dan sebelum bertolak ke Jakarta, akan menghadiri pertemuan silaturahmi dengan perwakilan pelajar SMA/SMK/MAN dan guru Se-NTB di SMA Negeri I Ketapang, Selong, Kabupaten Lombok Timur.
(ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011