Padang (ANTARA News) - Pelatih PS Bireun, Aceh Jhoni Effendi, menyatakan, tugas berat menanti Ketua Umum PSSI terpilih Djohar Arifin Hussein, diantaranya menyusun jadwal kompetisi.

"Tugas berat menanti untuk dilaksanakan ketua umum PSSI terpilih priode 2011-2015, dimana banyak hal yang harus diselesaikanya, antara lain untuk jadwal kompetisi," kata Jhoni, saat di hubungi di Padang, Sabtu.

Ia menambahkan, ketua PSSI terpilih harus bekerja dengan cepat, agar roda kompetisi dan persiapan tim-tim di daerah juga dapat di laksanakan dengan baik.

Dengan terpilihnya ketua umum PSSI priode 2011-2015 Djohar Arifin Hussein, dalam kongres luar biasa (KLB) di Solo, harapan besar ada di tanganya untuk membuat roda kompetisi sepakbola di Indonesia kembali bergulir, dan menyelsesaikan permasalahan di tubuh PSSI itu sendiri.

Permasalahan di tubuh PSSI, seperti belum jelasnya status Liga Primer Indonesia (LPI) harus bisa dirampungkan, menjelang bergulirnya roda kompetisi, agar jadwal liga di semua divisi, dapat berjalan dengan baik.

"Dalam aturan FIFA, sudah ada agenda yang cocok untuk jalanya kompetisi, dan berdasarkan agenda tersebut Federasi Sepak Bola Asia Asian Football Confederation (AFC) Oktober merupakan mulainya kompetisi yang baik, karena tidak akan berbenturan dengan ajang yang diselenggarakan AFC tersebut," jelas Jhoni.

Jhoni menambahkan, namun yang penting dengan terpilihnya ketua umum PSSI baru ini, Indonesia dapat lepas dari sanksi FIFA.

Penyusunan jadwal kompetisi diharapkan dapat segera terselesaikan juga berkaitan dengan Piala AFC U-19 yang berlangsung pada Oktober mendatang, selian persiapan timnas U-23, dan juga timnas senior.

Sehubungan dengan itu, permasalahan pemakaian dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) oleh klub juga harus diselesaikan, bagaimana mekanisme terbaik bagi setiap klup, solusi untuk pencari dana tersebut, hingga menjadikan kompetisi menjadi benar-benar profesional.

Tugas berat yang menanti ketua umum PSSI priode 2011-2015 ini diharapkanya dapat diselesaikan dengan program yang jelas, untuk memajukan sepakbola Indonesia.

Djohar Arifin Hussein telah terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2011-2015 dengan memperoleh 61 suara, dan diumumkan komite normalisasi (KN) sebagai ketua umum PSSI yang baru.(*)

(ANT-276/S016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011