Dresden, Jerman (ANTARA News/AFP) - Swedia dan Amerika Serikat maju ke putaran semi final turnamen sepak bola Piala Dunia Puteri, Minggu, sedangkan Brazil tersingkir dari turnamen itu.

Amerika Serikat butuh tendangan penalti dengan hasil 5-3 untuk menyingkirkan tim Amerika Selatan itu di Dresden, setelah kedudukan hingga perpanjangan waktu tetap 2-2 dan selanjutnya akan bertemu dengan Prancis untuk mendapatkan tempat di final.

Sebelumnya, Swedia, tim satu-satunya yang belum terkalahkan dalam turnamen itu, mengalahkan Australia 3-1 di Augsburg dan selanjutnya bertemu dengan Jepang, yang mengalahkan juara dua kali Jerman pada pertandingan Sabtu.

"Setiap orang sedih dan itu normal setelah mengalami kekalahan apalagi kalah pada menit-menit akhir," kata pelatih Brazil, Kleiton Lima.

"Para pemain sudah melakukan segalanya untuk memenangi pertandingan, tapi mereka tidak berhasil dan butuh waktu lama untuk menenangkan mereka," katanya.

Pelatih tim AS Pia Sundhage mengatakan, "Saya datang dari Swedia tapi pada pertandingan ini saya amat bangga menjadi pelatih Amerika."

Pemain bertahan Amerika Alex Krieger melakukan tendangan kemenangan setelah penjaga gawang Hope Solo sebelumnya menjinakkan tendangan pemain Brazil Daiane sehingga timnya aman dalam adu penalti itu.

Pada pertandingan itu, striker Amerika Abby Wambach membuat timnya tetap bertahan pada laga perempat final itu, setelah mecetak gol amat dramatis pada menit ke-122 sehingga kedudukan menjadi sama, setelah sebelum pemain bintang Brazil Marta mencetak gol pada menit ke-92.

Pertandingan harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu ketika kedudukan 1-1 akibat gol bunuh diri pemain bertahan Daiane yang kemudian disamakan oleh playmaker Marta lewat tendangan penalti pada menit ke-68.

"Pertandingan amat sulit, tetapi kami tidak merasa kalah," kata Marta, "Kami puas karena sudah melakukan yang terbaik. Kami bermain sepak bola dengan bagus dan kami yakin kami tim yang lebih bagus. Kami meningglkan turnamen Piala Dunia ini dengan kepala tegak."

Rekan setimnya, Rosana, yang mencetak gol pembuka Brazil dalam turnamen itu, mengatakan, "Ini merupakan kekalahan menyakitkan. Kami tidak tahu mengapa sampai kalah, tapi ini lah sepak bola. Kami sudah sampai ke semi final dan semua lawan kami amat kuat."

Swedia, yang mengalahkan Amerika Serikat 2-1 untuk berada di puncak klasemen Grup C, mendominasi pertandingan melawan tim kurang berpengalaman Australia.

Therese Sjogran dan Lisa Dahlkvist membuat Swedia memimpin ketika pertandingan baru berjalan 16 menit, sebelum Ellyse Perry mencetak gol pertamanya di Piala Dunia lima menit sebelum turun minum.

Lotta Schelin mengakhiri pertandingan dengan gol pada menit ke-52 setelah pemain bertahan Australia seoleh membiarkan striker Swedia mendekati penjaga gawang Melissa Barbieri dan dengan dingin menjebol gawang mereka.

Pelatih tim Swedia Thomas Dennerby mengatakan timnya butuh perbaikan untuk melawan Jepang, tim yang sudah dua kali mereka hadapi tapi belum terkalahkan tahun ini.

"Kami tidak memiliki hasil bagus melawan mereka dan kali ini kami harus dapat berbuat lebih baik," katanya.

(SYS/A/A008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011