Harus sukses, sehingga oleh-oleh dari delegasi dunia bahwa Indonesia sanggup dalam merumuskan agenda-agenda masa depan di berbagai subtemanya
Jakarta (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meyakini DKI Jakarta dan Bandung sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 atau Y20, sanggup merumuskan agenda dunia.

Kedua kota tersebut dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan konferensi yang melibatkan para pemuda dari seluruh negara peserta Presidensi G20.

"Harus sukses, sehingga oleh-oleh dari delegasi dunia bahwa Indonesia sanggup dalam merumuskan agenda-agenda masa depan di berbagai subtemanya," kata Ridwan usai membahas persiapan KTT Youth 20 di Jakarta, Sabtu malam.

Ridwan menjelaskan bahwa Youth 20 menjadi bagian dari Presidensi G20.

Indonesia pun mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah, khususnya DKI Jakarta dan Jawa Barat yang ditunjuk sebagai lokasi Y20.

Selain Y20, Jakarta dan Jawa Barat juga menghelat konferensi yang mengangkat isu perkotaan, yakni Urban 20.

"Layaknya Jakarta, sebagai tuan rumah kami bantu anggaran, persiapan, teknis dan harus sukses," kata Ridwan.

Adapun KTT Youth 20 adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, dan bertukar ide, hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20.

Indonesia, lewat Indonesia Youth Diplomacy, akan melibatkan perwakilan pemuda-pemuda dari DKI Jakarta dan Jawa Barat sebagai delegasi yang akan membawa isu dalam Youth 20.

Baca juga: Anies berharap KTT Youth 20 beri kesempatan pemuda jadi warga "dunia"
Baca juga: Anies dan Ridwan Kamil bertemu bahas KTT Youth 20
Baca juga: Indonesia ajak ASEAN dukung agenda G20

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022