Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan sebagian besar wilayah Provinsi Sumatera Selatan berpotensi mengalami hujan petir pada Senin (31/1).

Dalam rilis pers yang diterima ANTARA di Palembang, Senin, BMKG meminta warga di provinsi itu meningkatkan kewaspadaan terutama jika terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Pada pagi hari cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Banyuasin, dan Palembang.

Baca juga: BMKG: 10 kabupaten Sumsel waspadai hujan deras disertai petir

Sedangkan cuaca berpotensi hujan ringan pada pagi hari di wilayah Prabumulih, Empat Lawang, Musi Rawas, dan Musi Banyuasin.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara. Sedangkan cuaca berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di wilayah Pagaralam, Empat Lawang, Musi Banyuasin, dan Banyuasin.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah OKI, OKU, Muara Enim, Prabumulih, PALI, Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Musi Banyuasin.

Cuaca berpotensi hujan ringan pada malam hari di wilayah OKU Timur, OKU Selatan, Lahat, Pagaralam, dan Empat Lawang dan pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah OKI, Ogan Ilir, Muara Enim, PALI, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang. Sementara cuaca berpotensi hujan ringan di wilayah OKU, Prabumulih, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 33 °C, dengan kelembapan udara 60 - 96 persen. Sementara suhu udara di wilayah dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 18 – 31 °C, kelembapan udara 65 - 100 persen.

Angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 - 20 km/jam.

Baca juga: BMKG: Lima kabupaten Sumsel diperkirakan hujan lebat berdurasi singkat

Baca juga: Sejumlah kawasan Palembang terendam banjir setelah hujan lebat


Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa dan Selat Bangka bagian Utara diperkirakan 0,5 – 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Selatan 0,1 – 0,5 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan, arah angin dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 4 – 30 km/jam.

BMKG memberikan peringatan dini kepada warga di sejumlah kabupaten/kota Sumsel untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi hingga sore hari di wilayah OKI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir, Muara Enim, PALI, Lahat, Musi Rawas, Banyuasin, dan Palembang.

Sementara pada pada malam hingga dini hari terjadi di wilayah OKI, OKU, Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih, PALI, Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Palembang.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022