Jakarta (ANTARA) - Pihak TNI, Polri, dan pemerintah daerah mengerahkan 750 personel guna mengamankan sejumlah wihara saat perayaan Imlek 2022 di wilayah Jakarta Barat.

Dari total 65 wihara, petugas gabungan memfokuskan penjagaan pada enam wihara yang ramai dikunjungi warga, salah satunya Wihara Dharma Bhakti, Grogol, Taman Sari, Jakarta Barat.

Baca juga: Satpol PP jaga 11 wihara di Taman Sari saat Imlek

"Kita fokus ada sekitar enam titik wihara di Wilayah Jakarta Barat yang merayakan Imlek," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Polisi Ady Wibowo saat mendatangi Wihara Dharma Bhakti, Selasa.

Ady mengatakan, penjagaan yang dilakukan petugas meliputi pemantauan penerapan protokol kesehatan (Prokes) hingga antisipasi tindak kriminal.

Walau demikian, Ady tidak merinci jumlah personel yang ditempatkan pada setiap wihara selama perayaan Imlek berlangsung.

Menurut dia, petugas sudah melakukan penjagaan sejak beberapa hari lalu, serta memastikan seluruh wihara telah memiliki fasilitas sesuai ketentuan prokes, seperti tempat cuci tangan, alat temperatur suhu tubuh hingga barcode PeduliLindungi.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh wihara telah menerapkan ketentuan prokes saat perayaan Imlek.

Baca juga: Warga Jakbar diingatkan taat prokes saat rayakan Imlek

"Bahkan seminggu sebelummya kita sudah melakukan imbauan. Kita sudah datang bersama tiga pilar untuk mengingatkan dan melakukan pengecekan dan semua dilakukan oleh teman-teman kita semuanya," ujar Ady.

Nantinya, petugas tersebut juga terus melakukan penjagaan hingga pukul 18.00 WIB. Selanjutnya, petugas juga menjaga kegiatan festival lampion yang akan digelar di Kota Tua pada 13 Februari nanti.

"Terkait festival lampion, kita akan lalukan pengamanan sesuai situasi saat ini. Pemantauan prokes, kapasitas orang kemudian Aplikasi Pedulilindungi tetap kita lakukan," tutur Ady.

Ady berharap dengan rangkaian penjagaan itu, perayaan Imlek di setiap wihara di Jakarta Barat bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Baca juga: Pedagang ikan bandeng penuhi Jalan Rawa Belong Jakbar jelang Imlek

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022