Ambon (ANTARA News) - Band Gigi merayakan ulang tahunnya yang ke-17 dengan penggemarnya di Sporthall, Karang Panjang, Ambon, Selasa.

Sedikitnya 15 nomor terbaik, di antaranya My Facebook, 11 Januari, Bye Bye, Terbang, Ku Ingin dan lainnya, dibawakan mereka dalam perayaan ulang tahun yang dilakukan dengan pertunjukan musik "Sound Sation 17th Anniversary Gigi".

Mengawali penampilannya, kelompok musik beraliran pop-rock itu, menyanyikan Sang Pemimpi yang merupakan "original soundtrack" dari film berjudul sama, kemudian dilanjutkan dengan Nakal, Janji - Nirwani dan Perdamaian.

Di tengah konsernya, Gigi yang telah meluncurkan lebih dari 10 album dan belasan hits itu mengaku, sangat senang bisa kembali menghibur penggemarnya di kota Ambon.

Band yang diawaki oleh Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitaris), Thomas Ramdhan (basis) dan Gusti Hendy (drumer), pernah menggelar pertunjukan di Ambon pada 1998.

"Senang sekali katong (kami) bisa baku dapa (bertemu) lai (lagi) dengan tamang-tamang (teman-teman) di Ambon. Su (sudah) lama sekali, 13 tahun katong (kami) seng (tidak) datang ke sini," kata vokalis Gigi Armand Maulana.

Kendati terbata-bata, Armand Maulana yang mengenakan kaos ketat bercorak macan tutul dan jeans hitam, tak canggung menggunakan dialek melayu Ambon untuk berkomunikasi dengan penggemarnya.

"Lagu-lagu ini katong (kami) persembahkan untuk nyong yang gagah-gagah dan nona-nona manis. Jujaro (pemudi) dan mungare (pemuda) mari kalesang (benahi) Ambon. Lawamena haulala (maju terus pantang mundur)," katanya saat akan menyanyikan Andai, sontak penonton langsung bertepuk tangan.

Sama seperti idolanya, para penggemar pun ikut berjingkrak-jingkrak mengikuti alunan lagu yang dibawakan.

Tidak hanya menghibur penggemarnya, Gigi juga mengajak penggemarnya untuk tetap saling menyayangi, menjaga perdamaian dan menghargai toleransi beragama.

"Kamu boleh beda, agama beda, dari mana saja, tapi kita tetap sama, kita Indonesia. Mau Ambon, Jawa, Sunda, Makassar, Papua, Dayak semua tetap Indonesia. Kita satu jadi harus saling menyayangi, ada toleransi beragama dan menjaga perdamaian," kata Armand.

Ia mengatakan, seluruh personilnya sangat menghargai perbedaan dan toleransi beragama, dan itu dibuktikan dengan adanya album religi yang dipersembahkan mereka untuk penggemar yang berbeda-beda keyakinan.

"Tidak semua anggota gigi seagama dan kita sangat menghargai itu. Teman-teman semua harus seperti itu," ujarnya.

Gigi yang telah mengalami 2 kali pergantian personil, mengakhiri pertunjukan mereka dengan "Ya Ya Ya", hits dari album bertajuk Gigi yang diluncurkan pada 2009. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011