Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (2/2), mulai dukungan relawan terhadap pencalonan Airlangga Hartarto dan Khofifah sebagai pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024 sampai pentingnya menyusun manajemen risiko Pemilihan Umum 2024.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. KIP Surabaya deklarasikan Airlangga-Khofifah maju Pilpres 2024

Komunitas Ibu Pengajian (KIP) Surabaya mendeklarasikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk bisa maju dalam Pemilihan Presiden 2024.

"Alasan mendukung karena Pak Airlangga Hartarto pemimpin yang kalem dan religius, kedekatan beliau dengan ulama dan habaib menjadi salah satu pertimbangan. Kami ibu-ibu kesengsem dengan senyuman manis Airlangga Hartarto," kata juru bicara KIP Surabaya Eva Karim saat deklarasi Airlangga-Khofifah di salah satu kafe di Surabaya, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Peneliti BRIN: Figur cawapres pengaruhi elektabilitas Capres 2024

Peneliti Senior Pusat Riset Politik Badan Inovasi dan Riset Nasional (BRIN) Firman Noor mengatakan bahwa figur calon wakil presiden (cawapres) akan sangat mempengaruhi elektabilitas calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kesalahan memilih figur cawapres akan menurunkan elektabilitas bagi sosok yang sebetulnya potensial,” kata Firman ketika memberi paparan dalam diskusi publik bertajuk “INDONESIA POLITICAL OUTLOOK: Proyeksi Demokrasi dan Dinamika Politik 2022” yang disiarkan di kanal YouTube Pusat Riset Politik - BRIN, dan dipantau dari Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. PUSaKO Unand: Keterbukaan informasi publik cegah hoaks Pemilu 2024

Peneliti Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) Padang Haykal memandang perlu keterbukaan informasi publik terkait dengan Pemilu 2024 dari pihak penyelenggara guna mencegah penyebaran hoaks.

"Tindakan pencegahan terhadap hoaks harus diperhatikan dengan baik, seperti melalui adanya keterbukaan informasi publik," kata Haykal saat menjadi narasumber dalam diskusi virtual bertajuk Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 dipantau dari Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Perludem: Manajemen risiko Pemilu 2024 perlu disiapkan

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati mengatakan persiapan manajemen risiko menuju penyelenggaraan Pemilu 2024, terutama terkait penularan virus COVID-19 perlu dilakukan sejak sekarang.

“Yang tidak kalah penting untuk dilakukan sejak sekarang adalah menyiapkan manajemen risikonya. Kita tidak tahu pandemi COVID-19 nantinya akan membaik atau tidak,” ujar Ninis, sapaan akrab Khoirunnisa Nur Agustyati.

Selengkapnya baca di sini.

5. DPR uji kelayakan calon anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

Komisi II DPR mengagendakan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 pada tanggal 14-17 Februari 2022.

"Jadwal sementara uji kelayakan calon anggota KPU-Bawaslu akan dilaksanakan pada 14-17 Februari 2022," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022