Ketua Panel Ahli Medis Beijing 2022 mengharapkan tingkat positif tes yang rendah di sepanjang gelaran pesta olahraga tersebut.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Panel Ahli Medis Olimpiade Beijing 2022, Brian McCloskey mengatakan, tingkat positif yang rendah pada tes COVID-19 diharapkan akan mampu dipertahankan di sepanjang Olimpiade Musim Dingin Beijing, yang akan berlanjut dengan aman.

McCloskey dalam sebuah konferensi pers pada Rabu (2/2) menyatakan keyakinannya bahwa penting untuk melihat makna di balik angka kasus positif yang tercatat total 232 kasus positif, 69 di antaranya di dalam loop tertutup sejak 23 Januari. 

"Pada kenyataannya, setiap negara di dunia saat ini memiliki level kasus COVID yang lebih tinggi daripada China. Jadi, itu berarti orang-orang yang datang berasal dari level (risiko) COVID yang tinggi ke level yang rendah."

McCloskey memaparkan bagaimana virus tersebut dapat dikendalikan dalam loop tertutup melalui beberapa tes saat orang-orang dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Beijing.

"Ketika memulai perjalanan dari negara mereka, mereka melakukan tes pra-keberangkatan. Risiko mereka untuk menunjukkan hasil positif tinggi berdasarkan prevalensi di negara mereka sendiri," kata McCloskey.

"Ketika mereka sampai di bandara di Beijing, risiko positif jadi lebih rendah karena tes pra-keberangkatan telah mengidentifikasi orang-orang yang positif dan siapa yang berpotensi menularkan saat bepergian dengan mereka. Jadi, risiko di bandara lebih rendah.

"Ketika mereka masuk ke dalam loop tertutup, risiko positif masih lebih rendah, karena pengujian di bandara telah mengidentifikasi orang-orang yang berpotensi menularkan dan telah menyingkirkan mereka dari sistem. Jadi, di dalam loop tertutup ini, kita mulai melihat risiko positif yang rendah," urai McCloskey.

"Namun selama beberapa hari pertama di dalam loop tertutup, risiko masih sedikit lebih tinggi karena orang-orang bisa jadi sedang dalam masa inkubasi COVID-19 yang sangat lambat.

"Setelah empat atau lima hari di dalam loop tertutup, risiko menurun hingga sama dengan (risiko) populasi setempat, yakni sangat rendah. Di tahap itu, mereka bisa beraktivitas di dalam loop tertutup secara efektif," ujarnya. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022