Saat ini, kedua kebakaran tersebut tidak menyebar dibandingkan awal munculnya kobaran api, tetapi peringatan tetap dikeluarkan karena intensitas angin yang meningkat.
Jakarta (ANTARA) - Departemen penanganan kedaruratan di Negara Bagian Australia Barat (Western Australia/WA), Australia, mengeluarkan peringatan darurat untuk dua kebakaran hutan terpisah di wilayah barat daya negara bagian itu dan ibu kota, Perth.

Departemen Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat (Department of Fire and Emergency Services/DFES) negara bagian tersebut mengatakan peringatan kebakaran hutan awalnya dikeluarkan pada Selasa (1/2), dengan lebih dari 200 orang berada di lokasi untuk berusaha memadamkan kobaran api.

Kebakaran di Perth berawal di wilayah pinggiran Canning Mills dan sejauh ini telah menghanguskan sedikitnya 96 hektare lahan.

Sedangkan kebakaran hutan di Kirup, wilayah barat daya Australia Barat, juga mencapai level peringatan darurat, yang bergerak "perlahan" ke arah barat laut.

Saat ini, kedua kebakaran tersebut tidak menyebar dibandingkan awal munculnya kobaran api, tetapi peringatan tetap dikeluarkan karena intensitas angin yang meningkat.

"Intensitas angin meningkat dalam semalam dan mengakibatkan tekanan pada jalur penanganan," kata DFES.

"Kebakaran (masih) belum teratasi atau terkendali. Ada potensi ancaman terhadap nyawa dan rumah saat kebakaran mendekat ke wilayah tersebut dan kondisinya berubah."

DFES mengimbau warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Jika tidak mengungsi, mereka harus mencari perlindungan di rumah masing-masing dan menjaga air tetap bisa mengalir di saluran dalam ruangan jika memungkinkan.

"Pilih ruangan dengan dua pintu keluar dan dekat air seperti dapur atau ruang cuci pakaian," imbau  DFES. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022