Madrid (ANTARA News/AFP) - Barcelona mencapai kesepakatan dengan AS Roma untuk menjual pemain penyerang mereka yang berusia 20 tahun Bojan Krkic kepada klub Italia itu senilai 12 juta euro, kata klub Catalan tersebut, Jumat.

Dalam kesepakatan tersebut, Barcelona memiliki hak untuk membeli kembali pemain tersebut seharga 13 juta euro pada akhir musim 2012/13. Tapi jika Roma menghalangi pembelian kembali itu, harga pemain tersebut akan meningkat menjadi 40 juta euro, kata klub itu dalam sebuah pernyataan di website mereka.

Kesepakatan tersebut diumumkan sehari setelah juara Eropa dan Spanyol itu mencapai kesepakatan dengan klub Italia Udinese untuk memberi penyerang asal Chile Alexis Sanchez senilai 26 juta euro. Pemain berusia 22 tahun itu akan menandatangani kontrak lima tahun pada hari Senin.

Krkic lahir di Spanyol dengan ayah seorang Serbia, yang dulunya pesepak bola profesional bersama Red Star Belgrade, dan ibu yang berasal dari Catalan.

Dia melakukan debutnya di tim inti Barcelona pada musim 2006-2007 saat dia baru berusia 16 tahun, dan Desember lalu dia meneken perpanjangan kontraknya hingga 2015.

Bintang tim U-21 Spanyol itu melakukan debutnya di tim senior pada kualifikasi Piala Dunia melawan Armenia pada 2008.

Tapi di bawah pelatih Barca Pep Guardiola, dia gagal merebut tempat di tim inti, di samping para pemain seperti bintang Argentina Lionel Messi dan pemain asal Spanyol David Villa.

"Saya berusia 20 tahun dan saya ingin terus menunjukkan apa yang tidak dapat saya lakukan di sini karena saya tidak diberi cukup waktu di lapangan, kata Krkic dalam jumpa pers, Jumat.

"Impian saya untuk berhasil bersama Barca, tapi saya sangat senang bahwa klub lain memberi saya kesempatan untuk meneruskan meraih keberhasilan."

Dia juga menyambut baik kesepakatan pembelian kembali.

"Saya pergi dari salah satu klub besar ke klub besar lain dan semua pihak memiliki kepentingan. Itu yang membuat saya bahagia. Saya menganggap diri saya sendiri istimewa," katanya.

Barcelona akan memulai tur pra-musim ke Amerika Serikat dengan pertandingan persahabatan melawan Manchester United di Landover, Maryland, pada 30 Juli.

Liga Spanyol akan dimulai pada 21 Agustus dengan Barcelona akan berkunjung ke Malaga.(*)

(Uu.I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011