AsiaNet 45572

KYOTO, Jepang, 23 Juli (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

     Yayasan Perdamaian Niwano memberikan Hadiah Perdamaian Niwano (Niwano Peace Prize) ke-28 kepada Sulak Sivaraksa dari Thailand pada tanggal 23 Juli atas kontribusinya terhadap pemahaman baru mengenai perdamaian, demokrasi dan pembangunan, serta pelestarian lingkungan berdasarkan prinsip-prinsip inti kepercayaan Buddha-nya.

     Dalam upacara di Kyoto Fumon Hall Rissho Kosei-kai di Kyoto, Sulak menerima sertifikat penghargaan, medali, dan hadiah uang tunai sebesar 20 juta yen.

     Sulak, yang lahir di Thailand pada tahun 1933 dari keluarga keturunan China, dididik di Thailand, Inggris, dan Wales. Ia kembali ke Thailand pada tahun 1961. Perjalanan karirnya telah membuatnya menggunakan bakat intelektualnya untuk mendorong konsep dan pergerakan "keterlibatan agama Buddha." Beliau pernah bekerja sebagai guru, filolog, penerbit, aktivis, dan pendiri banyak organisasi, termasuk International Network of Engaged Buddhist (INEB). Beliau telah menulis lebih dari 100 buku dan monografi dalam bahasa Thailand dan Inggris.

     Dalam memilih Sulak sebagai peraih penghargaan untuk tahun 2011, Komite Hadiah Perdamaian mengatakan bahwa beliau "cukup intelektual untuk mengajak orang-orang mempromosikan pentingnya kesadaran sosial di antara umat Buddha di seluruh dunia." Sokongan cerdas Sulak atas lingkungan merupakan alasan penting lain untuk menghormati Beliau, menurut komite tersebut.

     Sulak berkata pada pidato penerimaan penghargaannya: "Kita harus belajar menghargai alam dan seluruh makhluk hidup di dalamnya -- bukan menjadikan mereka sumber daya yang dapat dieksploitasi untuk keuntungan atau perolehan jangka pendek. Kita juga harus menyadari bahwa perkembangan ilmiah dan teknologi terkini tidak selalu tepat sebagaimana yang jelas ditunjukkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi."

     Hadiah Perdamaian Niwano

     Hadiah Perdamaian Niwano (Niwano Peace Prize) dikukuhkan pada tahun 1983 untuk menghormati individu dan organisasi yang telah berkontribusi besar terhadap pemahaman dan kerjasama antar agama, sehingga menciptakan perdamaian dunia. Untuk menghindari penekanan yang tidak semestinya pada agama atau wilayah tertentu, nominasi dikumpulkan dari sekitar 700 orang dan organisasi, yang mewakili 125 negara.

     Yayasan Perdamaian Niwano

     Yayasan Perdamaian Niwano berdiri pada tahun 1978 untuk memberikan kontribusi terhadap terwujudnya perdamaian dunia dan peningkatan budaya perdamaian. Yayasan ini mempromosikan penelitian dan aktivitas lain berlandaskan semangat religi, serta mengupayakan perdamaian di berbagai bidang seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, agama dan filsafat.

     SUMBER: Yayasan Perdamaian Niwano

     Kontak:
     Tadashi Takatani
     Yayasan Perdamaian Niwano
     Tel: +81-3-3226-4371
     Fax: +81-3-3226-1835
     E-mail: peaceprize@npf.or.jp
     URL: http://www.npf.or.jp/english/index.html

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011