Praya, NTB (ANTARA) - Ratusan aparat gabungan TNI-Polri pengamanan tes pramusim MotoGP Sirkuit Mandalika jalani swab PCR guna memastikan petugas bebas COVID-19.

"Tes swab PCR dilakukan khusus bagi personel yang terlibat dalam kegiatan Operasi Mandalika Rinjani I Tahun 2022," kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono di Praya, Senin.

Ia mengatakan, jumlah anggota yang menjalani tes swab PCR sebanyak 288 personel yang terdiri dari anggota Polri sebanyak 216 orang dan dari anggota TNI sebanyak 72 orang.

Baca juga: Satgas tak wajibkan pembalap-ofisial MotoGP Mandalika jalani karantina

Tujuan diadakan swab PCR bagi personel yang terlibat dalam pengamanan Operasi Mandalika Rinjani I Tahun 2022 tersebut adalah memastikan bahwa seluruh personil baik dari jajaran Polri maupun dari jajaran TNI dipastikan bebas COVID-19.

"Sehingga dalam pelaksanaan tugas berjalan tanpa ada kendala serta sesuai dengan tujuan dan harapan," katanya.

Tes swab PCR adalah persyaratan mutlak yang harus dilakukan oleh personel yang bertugas melakukan pengamanan dan ini salah satu tahapan sekaligus bentuk kesiapan TNI-Polri dalam rangka mengamankan ajang MotoGP.

Baca juga: 23 hotel disiapkan travel bubble tes pramusim MotoGP Mandalika

"Ini adalah persiapan untuk pengamanan tes pramusim MotoGP Mandalika," katanya.

Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, SIP mengatakan pemeriksaan sampel swab untuk mendeteksi kemungkinan adanya anggota yang terinfeksi virus serta sebagai langkah antisipasi dalam mencegah penularan COVID-19.

Baca juga: Struktur kepanitiaan terbentuk, Mandalika siap jadi tuan rumah MotoGP

"Pasalnya, mereka akan banyak berinteraksi dengan masyarakat umum selama bertugas menjaga keamanan di KEK Kuta Mandalika dalam rangka menyukseskan MotoGP," katanya.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022