Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian wilayah Sumatera Selatan mengalami cuaca berawan hingga hujan ringan, Selasa.

Pada pagi hari, cuaca diperkirakan cerah berawan, berawan hingga berpotensi hujan ringan dan hujan sedang di wilayah Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Sedangkan pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan cuaca berawan, berpotensi hujan ringan hingga sedang di Lahat, Lubuk Linggau, Muaraenim, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Palembang dan Pagar Alam.

Pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Banyuasin, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Palembang dan Prabumulih; potensi hujan disertai petir di wilayah Empat Lawang, Lahat, Lubuklinggau, Muaraenim, Musi Rawas, Penukal Abab Lematang Ilir, Ogan Ilir, OKI, OKU dan OKU Timur.

Pada dini hari, cuaca berawan dan udara berkabut, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin dan Muaraenim.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 32 derajat celcius dengan kelembapan udara 60 persen  - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 20 – 32 derajat celcius dan kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa dan Selat Bangka bagian Utara 1,25 – 2,50 meter, dan Selat Bangka bagian Selatan 0,5 – 1,25 m. Cuaca berawan hingga hujan ringan. Arah angin dari Barat Laut – Utara dengan kecepatan 08 – 40 km/jam.

Terkait kondisi cuaca ini, BMKG memberikan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam hari di wilayah Empat Lawang, Lahat, Lubuk Linggau, Muaraenim, Musi Rawas, Musi Banyuasin, OKI, OKU, OKU Timur, Ogan Ilir, PALI dan Prabumulih.

Baca juga: BMKG: Warga Sumsel diminta waspada hujan disertai petir

Baca juga: Mengulik persoalan banjir Palembang

Baca juga: BMKG ingatkan Palembang waspadai hujan lebat karena tergolong ekstrem

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022