Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Selasa (8/2), mulai dari Menteri Dalam Negeri memperpanjang PPKM Jawa-Bali dengan penyesuaian level hingga DPR menggelar Rapat Paripurna ke-14 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Mendagri memperpanjang penyesuaian PPKM Jawa-Bali antisipasi Omicron

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan penyesuaian level guna mengantisipasi lonjakan penyebaran COVID-19 varian Omicron.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendgari Safrizal ZA dalam keterangan persnya, Selasa (8/2), mengatakan peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 dalam seminggu terakhir ini, jauh hari telah diprediksi oleh Pemerintah.

Selengkapnya baca di sini.

Mahfud: Pemerintah susun regulasi hubungan penerbit-platform digital

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan pemerintah atas perintah Presiden Joko Widodo tengah merumuskan dan menyusun regulasi yang mengatur hubungan antara penerbit dan platform digital.

"Saya sudah menerima naskahnya dari Dewan Pers dan kawan-kawan yang hadir ke kantor (Kemenko Polhukam) ataupun diskusi secara virtual. Naskah rancangan regulasi sudah ada di tangan," ujar Mahfud MD.

Selengkapnya baca di sini.

Wapres Ma'ruf Amin: Tradisi keilmuan Islam harus dorong karya baru

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap literasi peradaban Islam dalam bentuk kitab Turots yang merupakan warisan ilmu pengetahuan dan budaya Islam dapat menginspirasi lahirnya karya-karya baru selaras dengan kondisi saat ini.

"Saya berharap sebagai pewaris tradisi keilmuan Islam yang kaya di masa silam, seyogianya ingatan, spirit, dan kesadaran bangsa Indonesia akan kemegahan dan kebesaran leluhur kita, dapat dibangkitkan kembali untuk mendorong munculnya karya-karya baru tentang keislaman," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Selengkapnya baca di sini.

Komite III DPD minta Nadiem perhatikan penerapan PTM

Komite III DPD RI menggelar rapat kerja dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Medikbudristek) Nadiem Makarim membahas mengenai pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi COVID-19 serta RUU Pendidikan Dokter yang menjadi inisiatif DPR RI.

"Kemendikbudristek harus memastikan kebijakan pembelajaran di masa pandemi mengacu secara optimal pada SKB 4 Menteri dan SE Mendikbudristek No. 2 Tahun 2022, di antaranya dengan memperhatikan penyelenggaraan PTM terbatas di daerah PPKM level 1, 2, 3, dan 4,” ucap Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni.

Selengkapnya baca di sini.

DPR gelar Paripurna Selasa siang ambil beberapa keputusan

DPR RI akan menggelar Rapat Paripurna ke-14 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022 pada Selasa (8/2) siang dengan agenda pengambilan beberapa keputusan.

Pertama, laporan Komisi XI DPR RI atas hasil uji kelayakan dan kepatutan terhadap Kantor Akuntan Publik (KAP) yang diajukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan Kementerian Keuangan RI, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022