Kudus (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin berharap peran organisasi jurnalis seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) maupun lainnya untuk semakin diperkuat supaya tidak tumbuh subur wartawan yang tidak profesional dan pemberitaannya juga tidak berimbang.

"Karena itu lembaga seperti PWI memiliki peran penting meningkatkan profesionalisme jurnalistik, sekaligus melahirkan suatu iklim media yang mencerdaskan," ujarnya saat menghadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu.

Baca juga: PWI tekankan peran pers majukan industri halal Indonesia

Hadir pada acara tersebut, Bupati Kudus Hartopo, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Ketua DPRD Kudus Masan, Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama, Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Kav Indarto, Kepala Kejaksaan Negeri Ardian dan Ketua Pengadilan Negeri Kudus Singgih Wahono.

Selain itu, kata dia, para pelaku sosial media juga memiliki kesempatan untuk aktif sebagai bagian dari sumber informasi dan jurnalisme.

Baca juga: Mimpi Tokoh Muda, PWI: Pers mengambil peran untuk Indonesia 2045

Ia menyampaikan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh wartawan di Kabupaten Kudus dan para pemangku media massa.

"Saya berdoa semoga wartawan di Kabupaten Kudus dan Jateng sehat selalu dan terus sukses," ujarnya.

Baca juga: Helmi Yahya: Peran PWI harus diperkuat

Bupati Kudus Hartopo menyampaikan bahwa kedatangan Wakil Ketua DPR RI ini merupakan salah satu kebanggaan dan kenang-kenangan dalam Peringatan Hari Pers Nasional. Wartawan bukan saja sebagai mitra tetapi termasuk keluarga Pemkab Kudus, berkat sinergisme yang baik bersama para wartawan.

Ia mengapresiasi peran wartawan yang menyampaikan informasi edukatif terkait COVID-19, sehingga masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk ikut berperan menangkal informasi palsu (hoaks) di Kabupaten Kudus.

"Wartawan selalu memberikan informasi akurat dan edukatif sehingga masyarakat paham dan taat protokol kesehatan," ujarnya. ***3***

Baca juga: PWI diharapkan ciptakan wartawan profesional
Baca juga: PWI nilai kedudukan media alternatif penting dan strategis

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022