Sudah ada dua nama, tapi saya tidak boleh publish. Dari DPP (PKS) mintanya gitu.
Bandung (ANTARA) -
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) menyatakan sudah ada dua orang yang disiapkan untuk menjadi calon wakil wali kota Bandung.
 
Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu mengatakan dua nama tersebut sudah mendapat persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS. Meski begitu, ia mengaku belum bisa menyebut dua nama tersebut.
 
"Sudah ada dua nama, tapi saya tidak boleh publish. Dari DPP (PKS) mintanya gitu," kata Haru, di Bandung, Rabu.
 
PKS Jawa Barat sebelumnya menyatakan ada empat calon yang disebut bakal mengisi kekosongan jabatan wakil wali kota Bandung. Dari empat calon itu, Haru menyebut telah terpilih dua orang yang akan menjadi calon.
 
Keempat nama calon yang sebelumnya diusulkan adalah Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, Ketua DPD PKS Kota Bandung Khairullah, anggota DPR RI Ledia Hanifa, dan anggota DPRD Jabar sekaligus istri almarhum Wali Kota Bandung periode 2018-2023 Oded M Danial, Siti Muntamah.
 
Pengisian kader PKS untuk posisi wakil wali kota itu dicanangkan karena kekosongan jabatan setelah Yana Mulyana mengisi posisi Plt Wali Kota Bandung sepeninggal Oded M Danial yang wafat pada Desember 2021 lalu.
 
Almarhum Oded sebelumnya merupakan kader PKS berpasangan dengan Yana yang merupakan kader Partai Gerindra. Pasangan tersebut memenangkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Tahun 2018.
 
Menurut Haru, kedua nama tersebut sudah dikomunikasikan dengan Yana Mulyana dan juga DPC Gerindra. Nantinya, kata dia, Yana akan melihat sosok kedua nama tersebut.
 
"Bisa setuju dua (nama itu) atau satu atau bisa diambil 4 yang sebelumnya atau bisa ambil nama baru. Kami rapat dengan DPP intinya sudah memantaulah," kata dia pula.
Baca juga: Wagub Jabar nilai Mang Oded tutup usia dalam keadaan syahid

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022