Jakarta (ANTARA) - Thomas Tuchel tetap menjalin komunikasi intens dengan para pemain meski tak mendampingi Chelsea dalam semifinal Piala Dunia Antarklub, demikian diungkapkan oleh asisten pelatih Zsolt Low.

Tuchel tak diizinkan mendampingi Chelsea karena ia masih harus menjalani isolasi mandiri setelah dites positif COVID-19, tetapi The Blues tetap mampu menang 1-0 atas Al-Hilal di Stadion Mohamed bin Zyed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu malam tadi.

"Kami berbicara dengan Thomas saat turun minum. Perbincangan berlangsung baik dan dia memiliki penilaian yang sama, bahwa kami sedikit gugup dan terlalu mudah kehilangan bola," kata Low dikutip dari situs resmi Chelsea.

"Kami membicarakan itu pada saat istirahat dan berusaha menyiapkan para pemain agar bisa lebih tenang serta tampil dengan ritme lebih baik, tanpa terlalu berjibaku mencari solusi."

"Pembicaraan lancar dengan Thomas cukup membantu tim," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Gol Lukaku bawa Chelsea ke final Piala Dunia Antarklub

Kemenangan Chelsea dikunci oleh gol semata wayang yang dicetak Romelu Lukaku pada menit ke-32.

Low memuji kontribusi Lukaku yang disebutnya mengerahkan segenap kemampuan dan ia berharap penyerang Belgia itu bisa menjaga level penampilannya di final nanti.

"Romelu Lukaku berjuang sangat keras di pertandingan sebelumnya, ia memberi segalanya, itulah mengapa kami memberinya kesempatan," katanya.

"Memang dia butuh sedikit keberuntungan untuk mencetak gol itu tapi kami sangat puas, begitupun dia. Kami harap dia bisa melanjutkan performa ini dan mencetak gol lagi di final," ujar Low melengkapi.

Baca juga: Tuchel bertekad jadikan Piala Dunia Antarklub koleksi trofi Chelsea

Di sisi lain, Low juga menyanjung penampilan Kai Havertz yang dinilainya sangat berkontribusi bukan hanya di sektor serangan tapi juga kala bertahan.

"Dia melakukan tugasnya dengan baik, menciptakan serangan berbahaya, dan bekerja begitu keras untuk menutup ruang gerak lawan dalam pertahanan. Dia tampil bagus," tutupnya.

Chelsea akan menghadapi juara Copa Libertadores Palmeiras di final nanti, yang sudah lebih dulu lolos melewati wakil benua Afrika Al Ahly.

Partai final dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (12/2) waktu setempat di stadion yang sama.

Baca juga: Palmeiras kalahkan Al Ahly demi tiket final Piala Dunia Klub

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022