Jakarta (ANTARA) - Google kembali membuat pembaruan pada layanan mesin pencariannya yaitu Chrome kali ini untuk perangkat tablet dan foldable yang memiliki layar lebih lebar Chrome memberikan pembaruan yang paling dinanti untuk fitur "multiwindow".

Chrome berhasil mengoptimalkan sistem mereka dengan memungkinkan pengguna tablet ataupun perangkat foldable untuk membuka multiwindow dengan peningkatan sebanyak 18 kali.

"Tim kami ingin membuat mudah penggunaan Chrome untuk para pengguna kami. Sehingga kami menambahkan jalan pintas bernama "New Window" di menu kami. Kami menggunakan kapabilitas terbaru kami dan pengguna tablet serta foldables bisa menggunakan fitur ini dengan pengembangan18 kali," kata tim Android seperti dikutip dari blognya, Kamis.

Baca juga: Google atasi masalah di Android, perbarui Chrome dan WebView

Fitur itu memungkinkan pengguna semakin multitasking dalam mengerjakan pekerjaan dan tetap dapat produktif meski mengakses layanan hanya dari satu perangkat.

Lebih lanjut, dalam unggahan blog-nya mereka menjelaskan peningkatan fitur itu didapati dari kehadiran Android 12L.

Pengembangan fitur itu pun menunjukkan layanan "multiwindow" di tablet dan layar perangkat Foldables itu setidaknya dapat tampil berdampingan sebanyak 5 "window" untuk hasil kerja yang optimal.

Adapun untuk menggunakan fitur ini, Google mengenalkan tombol "New Window" yang juga bisa ditemukan di iPads.

Pada pilihan menu lanjutan pilih "Manage Windows" untuk melihat kilasan situs web apa saja yang anda buka.

Nantinya pintasan itu akan menunjukkan anda pada peningkatan penggunaan fitur "multiwindow" yang tersedia di Google Chrome.

Google berencana untuk lebih meningkatkan pengalaman Chrome di layar besar namun belum diketahui waktu pasti peningkatan fitur lainnya akan diluncurkan kapan.

Baca juga: Logo Google Chrome akhirnya disegarkan setelah 8 tahun

Baca juga: Chrome Beta 94 akan terapkan standar baru untuk mudahkan main "game"

Baca juga: Google tunda pemblokiran cookie pelacakan Chrome hingga 2023

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022