Jakarta (ANTARA News) - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) akan diajari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Bank Indonesia mengenai edukasi keuangan.

Usai penandatanganan kesepakatan dengan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution di Jakarta, Senin, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan langkah ini adalah demi memberdayakan TKI.

"Peningkatan kesejahteraan TKI dan keluarganya perlu dilakukan melalui edukasi keuangan guna meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan perencanaan keuangan serta pemanfaatan produk dan jasa keuangan dan perbankan secara bijaksana," katanya.

TKI akan diajari bagaimana memanfaatkan penghasilan selama mereka bekerja sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan keluarganya melalui perencanaan keuangan dan pilihan produk serta jasa keuangan sesuai kebutuhannya.

Sementara Darmin mengatakan edukasi keuangan dan perbankan bagi TKI ini akan memberikan sumbangan bagi keluarga dan daerahnya, serta memberikan kontribusi positif bagi perekonomian makro, seperti cadangan devisa. (*)

ANT

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011