Pamekasan (ANTARA News) - Aparat kepolisian Polres di empat kabupaten di Madura, Jawa Timur, Selasa dini hari menggelar operasi kendaraan bermotor, memburu pelaku pembunuan personel polisi Bangkalan, Senin (1/8) malam.

"Operasi kami gelar di beberapa titik di perbatasan kota di Kabupaten Pamekasan," kata Kapolres Pamekasan AKBP Anjar Gunadi, Selasa pagi.

Menurut Kapolres, selain untuk mencari pelaku pembunuhan anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polres Bangkalan yang ditemukan tewas di lereng bukit Geger, operasi dini hari itu juga dimaksudkan untuk mencegah peredaran narkoba di wilayah itu.

Operasi digelar di tiga titik, yakni di wilayah selatan Pamekasan, yakni di jalur selatan perbatasan Pamekasan dengan Kabupaten Sampang, wilayah tengah dan di wilayah utara Pamekasan.

Kapolres Anjar Gunadi menjelaskan, operasi dini hari ini tidak hanya digelar Polres Pamekasan, akan tetapi semua Polres jajaran di Madura, seperti Sampang, Sumenep, termasuk Polres Bangkalan sendiri.

"Operasi yang dilakukan polisi khusus untuk Pamekasan ini sengaja diperketat, karena diduga pelaku lari ke arah Kota Pamekasan," kata Kapolres Anjar Gunadi menjelaskan.

Seorang anggota lalu lintas (lantas) Polsek Sukolilo, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Senin (1/8) malam, ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan di Bukit Geger, Kecamatan Blega.

Identitas korban diketahui bernama Briptu Erik Setiowidodo. Hingga kini motif dari pembunuhan tersebut masih belum diketahui secara pasti. Sebab, polisi masih melakukan penyidikan.

"Kami masih menunggu hasil otopsi dari Polda Jatim tentang penyebab terbunuhnya anggota kami itu. Sekarang jenasah sedang berada di rumah sakit Polda dan sedang dilakukan otopsi," kata Kapolres Bangkalan, AKBP Kasero Manggolo, Senin malam.

Peristiwa tragis ini berawal ketika korban sedang bertugas di kawasan akses Suramadu untuk melakukan pengamananan lalu lintas. Kemudian korban melihat ada pengendara atau pengemudi melakukan pelanggaran.

Korban mengejar pelanggar lalu lintas tersebut. Tapi, korban tidak kembali sampai beberapa jam. Lalu dicari oleh anggota lain yang sama-sama bertugas disana.

Sebagian anggota polisi juga sudah mencari di sekitar akses Suramadu. Tapi korban tidak juga ditemukan. Akhirnya, korban ditemukan tewas di bukit Geger, Kecamatan Blega. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011