Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengingatkan pengguna anggaran di kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L) serta pemerintah daerah (pemda) untuk waspada terhadap potensi korupsi refocusing anggaran dalam upaya penanganan COVID-19.

"Biasanya refocusing anggaran itu dalam situasi darurat; dan di situ ada beberapa kelonggaran aturan," kata Nurul Ghufron saat dihubungi dari Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan refocusing anggaran penanganan COVID-19 biasanya digunakan untuk pembiayaan honor tenaga kesehatan serta pengadaan alat kesehatan. Dia berharap pelonggaran aturan di sektor tersebut tidak dijadikan celah untuk melakukan praktik korupsi.

"Ketika ada krisis, termasuk COVID-19, tentu kemudian ada kelonggaran-kelonggaran hukum seperti pada pengadaan. Maka ketika dilonggarkan, di situ ada potensi untuk disalahgunakan," katanya.

Menurut dia kebijakan refocusing anggaran dalam hal penanganan COVID-19 bertujuan untuk kemanusiaan, sehingga penerapan aturan ketat dan prosedural biasanya akan dilonggarkan.

"Semakin ketat tentu prosedurnya lambat; tapi demi kesehatan dan demi kemanusiaan, tentu kemanusiaan yang diutamakan dan prosedur hukum dilonggarkan. Nah, pada saat dilonggarkan ini, kemudian disalahgunakan untuk praktik-praktik korupsi," ujarnya.

Ghufron berharap pandemi COVID-19 tidak dijadikan kesempatan untuk melakukan praktik korupsi. Sebaliknya, dia mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama menangani COVID-19.

"COVID-19 ini harus dipahami sebagai musibah dan bencana yang harus dihadapi bersama-sama dan tidak menjadi kesempatan untuk melakukan korupsi. KPK berharap ini tidak menjadi celah atau potensi korupsi yang dimanfaatkan secara tidak benar oleh penyelenggara negara," ujarnya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022