Lebih dari 130 persen dari kapasitas 240 orang karena yang ada saat ini 343 pasien
Tangerang (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Banten, menyebutkan jumlah pasien COVID-19 di lokasi isolasi terpusat di Hotel Yasmin, mencapai 343 orang atau 130 persen dari kapasitas.

"Lebih dari 130 persen dari kapasitas 240 orang karena yang ada saat ini 343 pasien," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi di Tangerang, Jumat.

Ia menyebutkan dengan keterisian sebanyak 343 pasien tersebut, membuat kapasitas tempat isolasi terpusat di daerah itu mengalami kelebihan penghuni sehingga pihaknya pun menambah 400 tempat tidur.

Baca juga: Seratusan ASN Pemkab Tangerang terkonfirmasi tertular COVID-19

"Tempat tidurnya ditambah lagi. Jadi kamar yang tersedia sebanyak 240 itu sekarang kapasitas seperti tempat tidur ditambah 400-an," katanya.

Ia mengungkapkan lokasi isolasi terpusat di Kabupaten Tangerang itu saat ini hanya menerima pasien bagi pasien gejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG).

Baca juga: Pemkab Tangerang siagakan tim pemakaman berprosedur cegah COVID-19

"Kalau yang di Yasmin itu ringan dan OTG. Kalau berat harus ke rumah sakit. (Tapi kalau bisa) ringan atau OTG itu lebih baik di rumah lebih diutamakan jangan memenuhi tempat isolasi terpusat," ujarnya.

Kendati demikian, ia mengingatkan masyarakat bila mengalami gejala ringan sebaiknya untuk melakukan isolasi mandiri.

"Kalau yang di Yasmin itu ringan dan OTG. Kalau berat harus ke rumah sakit. Tapi ada imbauan juga dari Kementerian Kesehatan kalau gejala ringan atau OTG itu di rumah saja agar tidak memenuhi lokasi isolasi terpusat," kata dia.

Baca juga: Pemkab Tangerang pastikan stok sembako penuhi kebutuhan pasien isoman

Baca juga: Capai 120 persen, ruang isolasi COVID-19 di Tangerang lebihi kapasitas

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022